Senin, 26 Desember 2016

Sinopsis Lengkap Film Sarbjit (2016)

Sarbjit (2016)

Release
20 Mei 2016
Negara
India
Bahasa
Hindi
Sutradara
Omung Kumar
Produser
Bhushan Kumar, Vashu Bhagnani, Sandeep Singh, Rajesh Singh, Deepshikha Deshmukh, Jackky Bhagnani, Krishan Kumar
Pemeran
Aishwarya Rai Bachchan, Richa Chadha, Darshan Kumaar, Randeep Hooda
Music
Tanishk Bagchi, Jeet Gannguli, Shashi Shivam, Amaal Mallik, Shail-Pritesh
Sinematografi
Kiran Deohans.



Sinopsis Sarbjit

Sarbjit mengisahkan seorang petani bernama Sarabjit Singh (Randeep Hooda) yang tingggal di daerah bhikhiwind. Sarabjit yang dalam kondisi mabuk  ditangkap oleh polisi Pakistan setelah memasuki daerah perbatasan. Dia dianggap sebagai teroris dengan nama Ranjit Singh. Sarabjit ditahan di sebuah penjara kecil tanpa makan dan minuman dia disiksa cukup lama. 


Polisi memintanya mengaku jika dirinya adalah Ranjit singh yang mrupakan pelaku bom di Pakistan. Sarabjit dengan terpaksa mengatakan jika dia Ranjit Singh agar dia dapat dipindahkan di tempat yang layak. Sembilan bulan mencari keberadaan Sarabjit, istrinya bernama Sukhpreet Kaur (Richa Chadha) dan adiknya bernama Dalbir Kaur (Aishwarya Rai) mendapatkan sepucuk surat yang datangnya dari Sarabjit yang mengirim dari penjara.

Dia menjelaskan apa yang telah dialami hingga masuk ke dalam penjara Pakistan. Beberap bulan sudah dilalui, Dalbir mendapatkan berita jika Sarabjit akan dihukum mati namun belum ditentukan tanggal hukuman akan berlangsung. Dalbir lalu berusaha menemui perdana menteri untuk meminta bantuan agar Sarabjit dibebaskan. Butuh 8 bulan bagi Dalbir untuk dapat bertemu dengan perdana menteri.



Tahun 2002, Dalbir berusaha kembali menemui petinggi di India. Namun Dalbir kembali tidak mendapatkan tanggapan. Hingga pada akhirnya Dalbir melakukan demo di tengah jalanan. Aksi ini rupanya menarik perhatian media untuk meliputnya. 20 hari terlewati, Dalbir mendapatkan titik terang setelah pihak Kanada akan membantunya membebaskan Sarabjit. Namun warga Pakistan yang merupakan menjadi korban tidak menginginkan Sarabjit dibebaskan mereka menganggap jika Sarabjit adalah Ranjit singh yang telah membunuh keluarga mereka. Jika dibebaskan mereka akan melakukan bunuh diri masal. Mengingat kondisi di Pakistan tersebut, 

Presiden Ashraf memutuskan Sarabjit yang sudah berada di tahanan 18 tahun lamanya menetapkan hukuman mati tertanggal 1 Mei. Dalbir hanya memiliki waktu 30 hari untuk dapat membebaskan Sarabjit. Sampai tersisa 15 hari, keluarga Sarabjit melakukan aksi demo kembali dijalanan. Usahanya membuat dia mendapatkan izin ke Pakistan untuk bertemu dengan Sarabjit. 4 hari sebelum hukuman dijatuhkan, Dalbir dan  Sukh serta kedua anaknya Swapan dan Poonam dipertemukan dengan Sarabjit dalam waktu hanya 47 menit. Selanjutnya Dalbir menemui pemerintah Pakistan agar Sarabjit dibebaskan. Dalbir diberi syarat jika mendapatkan 27 tanda tangan dari keluarga korban yang tewas Sarabjit akan dibebaskan. Namun hal itu sulit dilakukan oleh Dalbir namun Dalbir mendapat kabar baik jika hukuman mati Sarabjit ditunda. 

Dalbir selanjutnya mendapat bantuan dari pengacara asal Pakistan bernama Awais Sheikh (Darshan Kumar) untuk membantu membebaskan Sarabjit. Awais Sheikh beberapa kali menemui pemerintah Pakistan bahkan dia sampai bertemu dengan Sarabjit. Secercah harapan Dalbir pun tinggi, setelah Ranjit singh pelaku bom sebenarnya sudah ditangkap oleh polisi India. Nama Sarabjit pun dikembalikan dia tidak lagi dipanggil nama Ranjit Singh, tetapi dia tidak dibebaskan begitu saja sebab dia berada di penjara Negara lain.



Keluarga Sarabjit mendapatkan kabar Sarabjit akan dibebaskan. Hal ini membuat Dalbir dan istri Sarabjit dan kedua anaknya senang. Mereka di esok harinya menuju perbatasan India-Pakistan untuk menjemput Sarabjit. Namun sayangnya laporan itu salah yang dibebaskan bukan Sarabjit tetapi Surjit. Hal ini telah terjadi miskomunikasi. Keluarga Dalbir merasa kecewa hingga membuat Dalbir melakukan percobaan bunuh diri. Tetapi Dalbir masih selamat setelah istri Sarabjit dan kedua anaknya cepat menolong Dalbir. Di dalam penjara, Sarabjit diserang oleh sekelompok napi yang lain dengan menghujatnya beberapa tusukan. 

Hingga membuat Sarabjit harus dilarikan ke rumah sakit. Keluarga Sarabjit mengetahui hal ini menuju Pakistan untuk menemui Sarabjit. Mereka kesulitan untuk masuk ke dalam rumah sakit sebab masa begitu banyak menghalangi mereka. Dalbir memiliki kekuatan hati mampu membuat masa terdiam. Dalbir bersama keluarganya akhirnya dapat menemui Sarabjit. Mereka meminta agar Sarabjit dirawat di India. Tetapi permintaan mereka tidak dipenuhi. Ajal menjemput Sarabjit, dia pun dikembalikan ke India. Sarabjit dimakamkan dengan dipenuhi masa yang hadir dalam pemakaman tersebut.

Baca juga: PAA (2009)


loading...