Senin, 26 Desember 2016

Sinopsis Lengkap Film Nil Battey Sannata (2016)

Nil battey Sannata  (2016)

Rilis
22 April 2016
Negara
India
Bahasa
Hindi
Sutradara
Ashwini Iyer Tiwari
Producer
Ajay G Rai, L. Rai, Alan Mcalex
Pemeran
Ratna Pathak, Swara Bhaskar, Sanjay Suri, Ria Shukla, Pankaj Tripathi
Cinematografi
Gavemic U. Ary
Music
Rohan & Vinayak
Distributor
Eros International.



Sinopsis Nil Battey Sannata

Chanda Sahay (Swara Bhaskar) merupakaan single mom yang memiliki anak bernama Apeksha Sahay (Riya Shukla) yang kini berada di kelas 10. Apeksha Sahay biasa dipanggil “Appu” memiliki sahabat di kelasnya yaitu Sweety (Neha Prajapati), Amar (Vishal Nath) dan Pintu (Prashant Tiwari). Setiap malam Chanda Sahay menanyakan kepada Appu mengenai cita-citanya. Appu menjawab ingin menjadi pembantu sebab dia berfikiran orang miskin seperti dia tidak akan pernah sukses. 




Hal ini membuat Sahay berfikir keras untuk mengubah jalan pikiran Appu. Chanda selalu konsultasi  mengenai Appu kepad Dr. Diwan (Ratna Pathak) yang merupakan majikannya. Dr. Diwan menyarankan agar Appu diberi kelas tambahan dengan mengikuti bimbel. Namun Chanda yang tidak memiliki banyak uang tidak bisa memasukkan Appu ke bimbel.



Dr Diwan lalu menyarankan agar Chanda untuk bersekolah dengan maksud untuk membuat Appu memiliki kemauan belajar seperti dirinya nanti. Chanda lalu bersekolah di tempat Appu menuntu ilmu. Chanda satu kelas dengan Appu yang membuat Appu malu terhadap teman-temannya. Appu tidak senang pada ibunya dengan meminta ibunya agar berhenti sekolah. 

Suatu hari Chanda mendapatkan nilai Matematika dengan memuaskan yang merupkan hasil kerja kerasnya yang tekun belajar bersama Amar. Berbanding terbalik dengan ibunya, Appu justru mendapatkan nilai paling kecil sehingga membuatnya dipermalukan di depan kelas bahkan dia dibanding-bandingkan dengan ibunya. 

Malam harinya, Appu  marah kepada ibunya dia pun membuat janji jika dia lulus ibunya harus berhenti sekolah tetapi ibunya menolak. Chanda mau menuruti permintaan Appu jika nilainya lebih besar darinya dalam ulangan Matematika. Hal ini rupanya membuat Appu mempunyai keinginan belajar yang kuat dengan mendekati Amar untuk mau mengajarinya Matematika.



Selesai melaksanakan ujian, nilai Appu lebih tinggi dibandingkan Chanda. Sehingga membuat Chanda menuruti permintaan Appu. Setelah mengalahkan ibunya, rupanya Appu kembali seperti biasanya menjadi orang pemalas. Hal ini membuat Chanda merasa kecewa kepada Appu. Chanda tidak menyerah, dia kembali bersekolah. 

Di ujian berikutnya, Chanda menunjukkan hasil nilai ujiannya yang lebih tinggi kepada Appu sambil mengatakan “kita seimbang”. Appu marah, saat pulang sekolah dia mengambil tabungan ibunya lalu menghabiskan uang tersebut. Sekembalinya di rumah, Chanda marah dengan penuh penyesalan melihat kelakuan Appu.



Saat di sekolah, Amar yang mengetahui Appu adalah anak Chanda memintanya untuk menemuinya di Delhi Gate jam 20:30. Appu pun memenuhi janjinya menemui Amar. Di saat itu Amar menunjukkan ibunya yaitu Chanda yang sedang bekerja untuk mewujudkan keinginan Appu. Melihat pekerjaan yang dilakukan ibunya, membuat Appu merasa bersalah dia pun meminta ibunya untuk sekolah lagi. Di sekolah, Chanda dimarahi oleh pak guru sebab Chanda sering kali masuk sekolah. 

Chanda diminta keluar. Seketika Appu berdiri dengan menjelaskan mengapa ibunya jarang masuk sekolah dan mengatakan jika ibunya bekerja kerasa untuk membuat dirinya mempunyai mimpi besar. Hari terus berlalu mereka melihat papan kelulusan, Chanda merasa senang sebab Appu juga lulus. Setelah itu Appu tumbuh besar dia sedang melakukan interview. Dia Tanya mengapa ingin menjadi seorang IS. Appu menjawab dia tidak ingin menjadi seorang pembantu.

baca juga: Dora (2017)


loading...