Jumat, 20 Januari 2017

Sinopsis Lengkap Film Dangal (2016)

Dangal (2016)

Rilis
23 December 2016
Negara
India
Bahasa
Hindi
Sutradara
Nitesh Tiwari
Produser
Aamir Khan, Siddharth Roy Kapur, Kiran Rao
Pemeran
Aamir Khan, Fatima Sana Shaikh, Zaira Wasim, Sakshi Tanwar, Sanya Malhotra, Girish Kulkarni, Suhani Bhatnagar, Aparshakti Khurrana, Vivan Bhatena, Rohit Shankarwar
Sinematografi
Setu
Musik
Pritam
Distributor
Walt Disney Studios.



Sinopsis Dangal

Mahavir Singh Phogat (Aamir Khan) merupakan mantan atlet gulat yang menginginkan anak laki-laki untuk dapat mewujudkan impiannya menjadikan anaknya menjadi pegulat. Tetapi istrinya yaitu Daya Shobha Kaur (Sakshi Tanwar) melahirkan anak perempuan dia memberi nama dengan Geeta Phogat (Zaira Wasim)

Harapan Mahavir masih ada tetapi Daya kembali melahirkan anak perempuan dengan memberinya nama dengan Babita Komari (Suhani Bhatnagar). Mahavir masih terus mengimpikan anak laki-laki tetapi istrinya melahirkan anak perempuan baik itu anak ketiga maupun anak perempuan. Mahavir menyerah dia mengubur impiannya mengimpikan anak laki-laki agar bisa menjadi pegulat.



Sebuah keajaiban muncul, setelah Geeta dan Babita membuat ulah dengan memukul anak laki-laki hingga babak belur. Hal ini membuat Mahavir menjadikan Geeta dan Babita seorang pegulat. Tiap jam 5 pagi Geeta dan Babita harus bangun untuk melakukan latihan fisik. Sampai pada akhirnya Geeta dan Babita berlatih gulat dengan lawan tanding sepupu laki-laki mereka bernama Omkar. 

Merasa lelah berlatih gulat, Geeta dan Babita mencari alasan agar mereka tidak berlatih gulat lagi dengan mengeluh kepada Mahavir jika rambutnya rusak karena bergulat. Rupanya alasan tersebut tidak membuat Mahavir mengikuti keinginan Geeta dan Babita, Mahavir memotong rambut Geeta dan Babita seperti anak laki-laki.



Geeta dan Babita merencanakan sesuatu untuk berhenti dari gulat dengan melakukan kejahilan yang mereka lakukan. Suatu malam, Geeta dan Babita menghadiri pernikahan teman mereka bernama Sunita yang dijodohkan oleh keluarga mereka. Ketika mereka sedang bersenang-senang dengan Omkar dan tamu lainnya mereka terkejut dengan kehadiran ayahnya yang emosi dengan memukul Omkar yang membuat Geeta dan Babita terkejut. Geeta dan Babita lalu curhat dengan teman mereka Sunita. 

Sunita mencurahkan isi hatinya kepada Geeta dan Babita yang iri dengan mereka mempunyai seorang ayah yang peduli dengan masa depan keduanya sedangkan Sunita dijodohkan yang akan menjadi ibu rumah tangga yang hanya bekerja melayani suami dengan memasak dan menyapu saja. Rupanya hal ini membuat Geeta dan Babita berubah pikiran dia semangat berlatih. Hingga dalam berlatih Geeta dapat mengalahkan sepupunya yaitu Omkar.



Mahavir membawa Geeta dan Babita ke Rohtak untuk mengikuti kejuaraan gulat dengan melawan pegulat laki-laki. Awalnya mereka tidak diperbolehkan untuk mengikuti turnamen sebab Geeta dan Babita anak perempuan namun karena pertarungan yang tidak lazim dalam pertarungan gulat antara wanita dengan laki-laki yang bisa mendapatkan keuntungan besar, maka Geeta pun diizinkan mengikuti kompetisi gulat. Di hari pertandingan, Geeta memilih pegulat kuat.

Di dalam pertandingan dia sanggup mengimbangi pegulat laki-laki tangguh namun Geeta kalah. Geeta tidak menyerah setelah kekalahannya tersebut, Geeta maupun Babita terus giat berlatih. Hingga pada akhirnya dalam pertarungan gulat berikutnya Geeta mampu mengalahkan semua pegulat laki-laki. Prestasi yang dia raih, membuat Geeta mewakili sekolahnya untuk mengikuti kompetisi Gulat junior. Mengetahui Geeta akan mengikuti kompetisi gulat, Mahavir mengajarkan dasar-dasar peraturan gulat  dan cara mendapatkan poin dalam permainan gulat professional.



Geeta memulai kejuaraan regional junior dengan memperoleh medali emas hingga dia sanggup menjadi juara tingkat nasional sampai dengan dia tumbuh dewasa tetap menjadi seorang pemenang.  Geeta (Fatima Sana Saikh) yang kini tumbuh dewasa dan menjadi juara nasional meminta izin kepada ayahnya untuk tinggal di Patiana camp para atlet. 

Dimana tempat tersebut, Geeta berlatih dengan pelatih yang sudah ditunjuk oleh asosiasi sehingga Ranvir tidak bisa melatih Geeta. Di Akademi Olahraga Nasional Geeta berlatih dibawa asuhan Pramod Kadam (Girish Kulkarni). Selama di Kamp pelatihan, Geeta tidak mendapatkan pelatihan yang cukup ketat seperti yang diterima oleh ayahnya.



Hari terus berlalu, Geeta kembali ke rumah. Ketika Geeta mengajarkan teknik yang dia peroleh di akademi olahraga kepada Babeta (Zaira Wasim), Ranvir yang melihat teknik tersebut meminta Geeta untuk menunjukkan kepadanya tetapi Geeta tidak dapat menunjukkannnya dengan baik sehingga membuat ayahnya marah. 

Geeta emosi dia mengajak ayahnya untuk bertanding. Ranvir yang mulai tua, merasa kelelahan dia kalah dari Geeta. Geeta menjadi sombong, dia tetap memakai teknik yang dia dapatkan di akademi olahraga berbeda dengan Babita yang tetap menggunakan teknik yang biasa diajarkan oleh ayahnya.



Dalam kejuaraan gulat Internasional di Australia, Geeta bertarung melawan tangguh asal Australia bernama Angelina Watson Sementara di waktu yang sama di kejuaraan turnamen New delhi Babita sedang bertanding. Di Australia Geeta harus menerima kekalahan, sementara di New Delhi Babita berhasil meraih medali emas dalam kejuarana nasional. Babita yang kini menjadi juara nasional mengikuti jejak Geeta untuk berlatih di Akademi Olahraga Nasional. Geeta menyambut kehadiran adiknya Babita. 

Di suatu malam, Babita berterus terang kepada Geeta kalau kini Geeta sudah berubah tetapi dia tetap mengabaikan apa yang diucapkan oleh Babita. Dalam kejuaraan gulat di Moscow Geeta kembali menelan kekalahan bahkan hal ini terus berlanjut di dalam kejuaraan internasional lainnya saat di Jakarta dan Istanbul.  Geeta  mulai menyesali sifat sombongnya dia menelepon ayahnya sambil menangis dia pun memotong rambutnya yang mulai panjang menjadi pendek.



Di dalam kejuaraan Commonwealth Games yang akan berlangsung di India, Geeta diminta oleh pelatihnya Pramod Kadam untuk menurunkan berat badannya menjadi 51 Kg agar dia tidak bertanding di kelas 55 Kg  untuk mempermudah Geeta memperoleh medali emas. Geeta menelepon ayahnya atas kejadian ini, tetapi Mahavir melarangnya untuk menurunkan berat badan Geeta. Lalu Mahavir dan Omkar pergi menuju Patiana untuk tinggal disana agar dia dapat melatih Geeta dan Babita. 

Setiap jam 5 pagi Geeta dan Babita berlatih dengan ayahnya secara diam-diam kemudian jam 7 pagi berlatih di kamp pelatihan. Aktivitas ini terus berlangsung hingga diketahui oleh pelatih mereka Pramod kadam. Pramod kemudian melaporkannya ke asosiasi agar Geeta dan Babita diberhentikan namun atas permohonan Ranvir pihak asosiasi mempertimbangkan Geeta dan Babita terus berlatih bahkan Geeta diperbolehkan untuk mengikuti kejuaraan Commonwealth Games di kelas 55 Kg.



Dalam kejuaraan Commonwealth Games di pertandingan awal dia bertemu Melissa Anderson asal Wales. Dalam pertandingan ini Geeta berhasil meraih kemenangan. Di pertandingan berikutnya Geeta bertemu dengan lawan tangguh asal Nigeria bernama Naomi yang sudah memiliki dua medali emas. Dalam pertandingan, Geeta berhasil mengalahkan Naomi hingga terjadi “Clinch”. 

Geeta masuk babak final untuk bertemu kembali dengan Angelina Watson yang pernah mengalahkannya. Di partai final Ranvir tidak bisa menyaksikan ayahnya bertanding sebab Ranvir dikunci di dalam gudang oleh seseorang atas perintah Pramod Kadam hal ini membuat Geeta merasa cemas. Di dalam pertandingan Geeta berhasil mengalahkan Watson meskipun diawal terdesak. Geeta naik podium bendera India berkibar lagu kebangsaan dilantunkan. 

Ranvir yang mendengar lagu kebangsaan berkumandang, membuatnya menangis sebab hal ini menandakan kalau Geeta telah memenangkan pertandingan. Tidak lama kemudian seseorang membukakan pintu gudang, kemudian Ranvir berlari ke dalam pertandingan. Geeta yang melihat ayahnya menghampirinya dan saat itu Ranvir mengatakan kepada Geeta “ Aku bangga padamu” lalu memeluk Geeta maupun Babita.

Baca juga: Rang De Basanti


loading...