Selasa, 28 Maret 2017

Sinopsis Lengkap Film Black (2005)

Black (2005)
Rilis
4 februari 2005
Negara
India
Bahasa
Hindi
Sutradara
Sanjay Leela Bhansali
Produser
Sanjay Leela Bhansali, Anshuman Swami
Pemeran
Rani Mukerji, Amitabh Bachchan, Shernaz Patel, Ayesha Kapur, Dhritiman Chaterji, Nandana Sen, Mahabanoo Mody-Kotwal, Sillo Mahava
Music
Monty Sharma
Sinematografi
Ravi K. Chandran
Distributor
SLB Films.



Sinopsis Black

Film dimulai dengan Michelle McNally (Rani Mukerji) seorang wanita yang tidak dapat melihat dan mendengar, dia berhasil bertemu dengan  gurunya Debraj Sahai (Amitabh Bachchan) selama 12 tahun. Debraj kini terkena penyakit Alzheimer. Flash back, Catherine McNally (Shernaz Patel) tengah memandikan putrinya Michelle seketika suaminya Paul McNailly (Dhritiman Chaterji) datang membawa informasi penting bahwa Michelle tidak bisa melihat dan  mendengar. 

Beberapa tahun kemudian Michelle tumbuh besar, ayahnya Paul mulai frutrasi dengan tingkah laku Michelle apalagi Michelle hampir membuat adik kecilnya Sarah (Nandana Sen) celaka. Catherine mengusulkan kepada Paul untuk mengundang guru dari Dehradun yang akan memberikan pelatihan khusus kepada Michelle.


Debraj Sahai tiba di kediaman keluarga McNailly untuk memberikan pelatihan khusus kepada Michelle. Ketika sedang makan, Debraj berusaha mengajarkan Michelle cara makan yang baik meskipun dia harus berusaha keras menghadapi tingkah Michelle. Debraj perlahan membuat sedikit perubahan kepada Michelle dengan mengajarkan cara menggunakan sendok. Ibu Michelle bahagia dengan perubahan pada Michelle namun ayah Michelle bersikeras untuk meminta Debraj pergi meninggalkan rumah mereka. 

Debraj tetap pada pendiriannya akan tetap memberikan pelatihan kepada Michelle agar bisa menjadi normal. Paul pergi bertugas selam 20 hari dan Debraj meminta kepada Catherine memberinya waktu selama 20 hari. Selama 20 hari tersebut Debraj terus mengajarkan Michelle mengenali benda-benda disekelilingnya meskipun harus menghadapi tingkah laku Michelle yang sulit tercontrol. 




Tiba di hari terakhirnya, keajaiban muncul Michelle mulai terus bertanya setelah dia mengenali air. Bahagia dirasakan oleh ibunya begitu pula dengan ayahnya yang baru tiba dari pekerjaannya. Tumbuh dewasa Debraj memasukkan Michelle ke sebuah universitas untuk mengambil jurusan kesenian. Sebelum diterima sebagai mahasiswi, Michelle harus menjalani proses Tanya jawab dan Michelle berhasil mengatasinya. 

Beberapa hari kemudian, Debraj memberikan tongkat kepada Michelle agar tidak terlalu ketergantungan dan menjadi mandiri. Michelle mulai mengikuti pelajaran di tempat perkuliahaan dan Debraj setia terus mendampingi Michelle di dalam kelas agar Michelle dapat dengan mudah dapat mengerti apa yang disampaikan oleh Dosennya.


Beberapa tahun berlalu Michelle terus saja mengalami  kegagalan dalam ujian sehingga membuat Michelle putus asa. Debraj terus berusaha keras agar Michelle terus belajar agar dapat bisa lulus apalagi kini Debraj usianya semakin tua. Suatu ketika Michelle berjalan di luar rumah bersama dengan Debraj dan saat itu Debraj terserang penyakit Alzheimer sehingga dia mulai lupa dan meninggalkan Michelle di tengah keramaian. 

Michelle merasa panik mencari keberadaan Debraj. Sampai di rumah Michelle marah kepada Debraj,  Debraj yang mulai sadar bahwa dia sedang terkena penyakit Alzheimer menjelaskan kepada Michelle tentang penyakitnya tersebut dan meminta agar Michelle tidak khawatir. Debraj berjanji tidak akan pernah melupakannya. 12 tahun kemudian, di usia 40 tahun Michelle akhirnya dapat lulus dan mendapatkan gelar sarjana.


Dihadapan para mahasiswa yang lulus, dia mengatakan bahwa setelah banyak usaha meskipun laba-laba jatuh beberapa kali akhirnya dia dapat membuat rumah. Semut telah mendaki gunung, Kura-Kura telah melewati hidangan penutup dan hari ini Michelle McNally akhirnya menjadi sarjana. Tetapi ada perbedaan diantara aku dan kalian. Kalian berusia 20 tahun sementara aku kini berusia 40 tahun tetaapi akhirnya aku berhasil. Sebagai seorang anak aku selalu tertinggal di belakang orang lain dimana orang tuaku selalu malu karena aku. 

Setiap tahun aku menelpon ibuku bahwa aku telah gagal dan sekarang aku bilang aku berhasil. Sebagai seorang anak aku selalu mencari sesuatu tetapi pada akhirnya aku hanya menemukan kegelapan hingga suatu hari ibu membawakan seseorang yang tidak aku kenal. Dia berbeda dengan orang lain dia adalah tukang sihir selama bertahun-tahun dia terus menyeretku dari kegelapan menuju cahaya. Bagiku semuanya hitam tetapi guruku mengajarkan aku arti baru mengenai hitam.


Hitam bukanlah hanya kegelapan dan juga sesak nafas. Warna ini adalah warna prestasi warna pengetahuan warna jubah wisuda. Ada perbedaan antara aku dan kalian hari ini kalian menggunakan jubah tersebut untuk merayakan kelulusan tetapi aku tidak sebab aku ingin guruku jadi orang yang pertama yang bisa melihatku mengenakan jubah hitam. Setelah aku menginjak usia 40 tahun aku baru bisa memenuhi impiannya. Dan di hari ini aku merasa untuk pertama kalinya aku kurang penglihatan. 

Sebab aku ingin melihat guruku berdiri di pintu melihat aku mewujudkan impian kami dengan bangga. Setelah memberikan sambutan, Michelle menemui Debraj yang sedang berada di dalam ruangannya di tempat rumah sakit. Michelle menggunakan pakaian jubah kelulusan, dia mengucapkan kepada Debraj bahwa dia telah lulus seketika Debraj teringat dengan mengatakan ’whoah’. Mereka berdua lalu mengeluarkan tangan mereka ke luar jendela menyentuh air hujan.     


loading...