Selasa, 28 Maret 2017

Sinopsis Lengkap Film Qissa: The Tale a Lonely Ghost (2013)

Qissa: The Tale of a Lonely Ghost (2013)

Rilis
8 September 2013 (TIFF)
Negara
India, Perancis, German, Belanda
Bahasa
Punjabi
Sutradara
Anup Singh
Produser
Johannes Rexin, , Bero Beyer, Thierry Lenouvel
Pemeran
Irrfan Khan, Rasika Dugal, Tillotama Shome, Faezeh Jalali, Tisca Chopra, Sonia Bindra
Music
Beatrice Thiriet
Sinematografi
Sebastian Edschmid.


Sinopsis Qisa 

Punjab Pakistan territory, seorang Sikh Punjabi yaitu Umber Singh (Irrfan Khan) menemui istrinya Mehar (Tisca Chopra) yang sedang melahirkan anak ketiganya yang ternyata adalah anak perempuan namun hal ini membuat Umber tidak terlalu senang sebab dia menginginkan anak laki-laki dimana kedua anaknya sebelumnya adalah perempuan. 

Umber membawa keluarganya untuk mengungsi. Beberapa tahun kemudian Punjab Indian territory, Mehar sedang melahirkan dan pada saat itu Umber yang berada disampingya menyaksikan proses kelahiran Umber. Saat anak tersebut lahir, Umber menganggap anak tersebut adalah anak laki-laki meskipun dia adalah anak perempuan. Umber memberikan nama dengan Kanwar (Tillotama Singh).


Meskipun Kanwar adalah seorang wanita, Umber membesarkan Kanwar layaknya seorang laki-laki dan dia menyembunyikan identitas Kanwar sebagai wanita. Dia menyembunyikan identitas Kanwar baik itu dengan orang lain maupun ketiga anak perempuannya. Sehingga mereka tidak mengetahui jika Kanwar sebenarnya perempuan. Suatu hari Kulbir marah kepada adiknya setelah dia membuang air kecil di tempat tidurnya dan saat Kulbir ingin memeriksa alat kelamin adiknya Kanwar berusaha menghalangi adiknya dan seketika dia terjatuh lalu pingsan. 

Kanwar yang mengalami celaka membuat ayahnya marah dan memukuli Kulbir hingga membuatnya menangis. Kanwar kini berusia 12 tahun, dia diajarkan berburuh dan gulat. Beberapa tahun kemudian Kanwar tumbuh dewasa dan bertemu dengan gadis Gipsi bernama Neeli (Rasika Dugal). Kanwar mengunci Neeli di gudang dalam hutan lalu meninggalkannya selama satu hari lamanya. Hal ini membuat orang sekitar berusaha mencari Neeli.


Keesokan paginya, Kanwar menemui Neeli dan memintanya untuk pergi bahwa ayahnya telah mencarinya. Namun Neeli tidak mau keluar dan meminta Kanwar untuk menikahinya. Kanwar pun terkejut dan menolak. Neeli menjelaskan bahwa ayahnya akan membunuhnya dan juga dirinya sebab satu-satunya cara untuk menebus kehormatan mereka yaitu dengan menikahinya. Kanwar meminta Neeli untuk keluar dan menjelaskan kepada ayahnya nanti bahwa Kanwar tidak pernah menyentuhnya namun Neeli tetap tidak ingin keluar sebab ayahnya tidak akan percaya dengan hal tersebut. 

Neeli keluar dari tempat tersebut sambil tertawa terbahak-bahak setelah berhasil membuat Kanwar ketakutan. Kanwar pun merasa kesal setelah diancam untuk menikahinya. Tidak lama ayah Kanwar bersama dengan ayah Neeli datang mereka melihat Kanwar dan Neeli sehingga memutuskan untuk menikahi mereka. Di hari pernikahan mereka, Neeli yang berada di kediaman Umber berusaha menolak pernikahan tersebut sebab dia mengetahui bahwa Kanwar bukanlah anak laki-laki namun karena paksaan ayah Kanwar membuat pernikahan tetap berlangsung.


Suatu malam, Neeli berusaha untuk kabur namun Umber mengetahuinya sehingga Neeli tertangkap. Neeli merontah berusaha melawan. Kanwar tiba di hadapan mereka berusaha menghentikan ayahnya hingga dia memutuskan menembak ayahnya hingga tewas. Kematian ayahnya, Ibu Kanwar meminta Kanwar untuk pergi demi kebaikan Kanwar sebab Kanwar memiliki perjalanan panjang. Kanwar dan Neeli memutuskan untuk pergi dan tinggal di daerah tempat Neeli tinggal. 

Selama hidup bersama dengan Neeli, Kanwar di dalam rumah dia memulai menggunakan pakaian perempuan tetapi jika berada di luar rumah dia menggunakan pakaian laki-laki. Suatu hari dia pergi kembali ke tempat ibunya namun dia terkejut saat melihat kondisi rumahnya telah hancur karena insiden kebakaran. Kanwar bertemu dengan Baali kakaknya yang mengatakan bahwa rumahnya hangus terbakar dan ibu mereka tewas dalam kebakaran tersebut. Kanwar tidak berhenti menahan rasa sedihnya.


Ketika Kanwar melihat kondisi rumahnya yang telah terbakar, dia bertemu dengan sosok makhluk menyerupai ayahnya yang terus mengikuti kemanapun Kanwar pergi. Hingga suatu malam, Kanwar merasa kesal dan meminta ayahnya tersebut pergi dia pun menjadi frustrasi dengan menanggalkan pakaiannya dan menunjukkan bahwa dia bukanlah anak laki-laki. 

Neeli berusaha menenangkan Kanwar bahwa ayahnya tidak ada. Tidak lama, warga datang setelah mengetahui Kanwar adalah bukanlah seorang laki-laki setelah beberapa orang melihat dari jendela bahwa Kanwar memiliki tubuh seorang wanita. Neeli berusaha melindunginya dan meminta Kanwar untuk pergi. Kanwar pun pergi dan saat berada di tanah gersang Kanwar kembali diikuti oleh arwah ayahnya.


Ayahnya memasuki tubuh Kanwar hingga membuatnya benar-benar menjadi pria seutuhnya dengan tumbuhnya jenggot. Kanwar menemui Neeli yang berusaha dihakimi oleh warga. Kanwar menunjukkan bentuk tubuhnya kepada warga sehingga warga percaya bahwa Kanwar adalah laki-laki sehingga mereka pergi meninggalkan Kanwar dan Neeli. Neeli yang melihat Kanwar merasa ketakutan namun Kanwar mampu membujuknya dan membawa Neeli menuju kediaman ibunya dulu. 

Sampai disana dia mengatakan kepada Neeli dia akan menghancurkan rumah tersebut lalu memperbaikinya. Neeli yang merasa frustrasi dengan kehidupannya mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri. Kanwar lalu membawa mayat Neeli ke rumah lama ayahnya dan meletakkan mayatnya di dekat sumur lalu pergi meninggalkannya.


loading...