Sabtu, 06 Mei 2017

Sinopsis Lengkap Film Irada (2017)

Irada (2017)

Rilis
17 Februari 2017
Negara
India
Bahasa
Hindi
Sutradara
Aparnaa Singh
Produser
Falguni Patel
Pemeran
Naseeruddin Shah, Arshad Warsi, Divya Dutta, Rumana Molla, Sharad Kelkar, Sagarika Ghatge
Music
Neeraj Shridhar
Sinematografi
Ravi Walia.


Sinopsis Lengkap Irada:

Parabjeet Walia (Naseeruddin Shah) hidup bersama dengan putrinya Riya (Rumana Molla). Parabjeet selalu melatih fisik Riya dengan melakukan olahraga di pagi hari baik itu berlari dan berenang di sungai dekat rumah mereka. Ketika mereka kembali setelah berolahraga, Riya merasa kecewa setelah dia mendapatkan surat dari Union Public Service Commision yang menyatakan Riya gagal karena masalah ketahanan dan kebugaran fisik. 

Riya pun terus melatih fisiknya dengan terus berenang seketika dia pingsan sehingga Parabjeet membawanya ke rumah sakit. Parabjeet mendapatkan berita buruk dari dokter bahwa Riya terkena penyakit kanker. Hingga akhirnya Riya meninggal karena kanker tersebut. Setahun kemudian, Parabjeet mulai melakukan aktivitas menjadi seorang penulis.



Anirudh Dutt dibunuh oleh Paddy Sharma (Sharad Kelkar) karena memiliki bukti bahwa perusahaan milik Paddy yaitu SPPL memiliki limbah kimia yang membahayakan masyarakat. Di sebuah acara penghargaan, Paddy menerima perlakukan memalukan dengan menerima lemparan benda ke wajahnya oleh Maya Singh (Sagarika Ghatge) karena telah menghilangkan nyawa pasangan hidupnya Anirudh Dutt. 

Paddy memerintahkan sejumlah orang sehingga Maya mendapatkan terror namun Maya tidak takut dia secara diam-diam menyelidiki karyawan Paddy yang sedang melakukan kegiatan pembuangan limbah kimia yang dibuang ke ladang dan sungai. Hal ini diketahui oleh karyawan Paddy namun dia berhasil kabur. Keesokan harinya, pihak polisi menemukan mayat Anirudh Dutt sehingga membuat Maya merasa terpukul.



Parabjeet mendapatkan sponsor dari Paddy untuk meluncurkan bukunya yang berjudul one shot. Saat peluncuruan buku secara bersamaan ledakan terjadi di pabrik SUPPL sehingga membuat Paddy merasa kesal yang akan membahayakan kehidupannya diapun meminta menteri Ramandeep Braitch (Divya Dutta) menangani kasus ini. 

Ramandeep menemui polisi Arjun Mishra (Arshad Warsi) untuk menutup kasus ledakan tersebut. Arjun merasa kesal sebab dia memiliki bukti mengenai ledakan yang terjadi. Sesaat kemudian, Maya mendatangi kediaman Arjun untuk memberikan berkas-berkas mengenai pabrik SUPPL. Maya meminta Arjun untuk mengecek berkas-berkas tersebut. 

Suatu hari Arjun menyaksikan televisi mengenai pabrik SUPPL yang melakukan teknik Reverse Boring dalam membuang limbah kimia dimana teknik tersebut dilarang sebab menimbulkan racun yang tercema baik itu air, tanah, dan tumbuhan. Namun pabrik SUPPL begitu mudah mendapatkan izin melakukan teknik tersebut.



Arjun yang mencari pelaku peledak pabrik SUPPL menemukan tersangka utama dalang insiden tersebut yaitu Parabjeet. Arjun menemui Parabjeet untuk dimintai kejelasan. Hanya saja Parabjeet mengelak atas tuduhan tersebut. 

Beberapa hari kemudian Arjun menemui kembali Parabjeet yang mengetahui bahwa Riya anaknya telah tewas karena menjadi korban dari perusahaan SUPPL. Ketika bertemu dengan Parabjeet, Arjun diminta untuk menemui istri Bhagat Singh di rumah sakit Tulsi Ram Bikaner. 

Bhagat Singh merupakan pelaku yang melakukan ledakan di pabrik SUPPL. Keesokan harinya Arjun menemui istri Bhagat Singh. Arjun mendapatkan informasi mengenai Parabjeet yang merupakan pemberi dana kepada Bhagat Singh demi kelangsungan hidup mereka. Istri Bhagat Singh meminta agar Arjun ketika pulang untuk naik kereta api 54701.



Arjun menaiki kereta tersebut dia terkejut ketika melihat para penumpang kereta memiliki penyakit yang sama yaitu kanker. Arjun mulai menyadari bahwa perusahaan SUPPL merupakan perusahaan yang berbahaya. Arjun menemui Parabjeet yang mana Parabjeet menjelaskan perencanaan sebelum ledakan pabrik SUPPL tersebut. 

mendengar cerita tersebut Arjun mulai menyadari bahwa apa yang dilakukan oleh Parabjeet adalah untuk menghentikan perusahaan SUPPL beroperasi agar tidak terjadi lagi memakan banyak korban yang terkena penyakit kanker akibat limbah kimia. Keesokan harinya, Arjun menerima kabar bahwa kediaman Parabjeet terjadi ledakan. Arjun berspekulasi bahwa Parabjeet melakukan tindakan bunuh diri.



Arjun dibantu oleh Maya mulai melakukan penyelidikan pabrik SUPPL. Arjun menghampiri Cheetu general manager SUPPL. Arjun meminta rumus kimia reactor yang mereka gunakan dengan mengancam Cheetu. Cheetu lalu memberitahu Paddy bahwa Arjun telah mengetahui rahasia perusahaan SUPPL. Paddy kemudian memerintahkan orang membunuh Cheetu untuk menghilangkan jejak. 

Kematian Cheetu membuat Arjun merasa putus asa dan dia mencari cara lain. Arjun menemui menteri Ramandeep untuk menemukan bukti. Arjun menyisipkan kamera di lukisan Shiva sehingga Arjun mendapatkan bukti keterlibatan Ramandeep dengan Paddy. Di hari konferensi pers yang dihadiri Ramandeep dan Paddy mengenai ledakan SUPPL, Arjun menghampiri Ramandeep dengan memberikan sebuah video mengenai kerja samanya dengan Paddy. 

Arjun meminta Ramandeep untuk mengundurkan diri. Ramandeep menjelaskan kepada media bahwa dia mengundurkan diri dan Paddy adalah penyebab masyarakat terkena kanker karena limbah kimia dari pabrik SUPPL. Pihak polisi akhirnya melakukan penyelidikan hingga akhirnya perusahaan SUPPL berhenti beroperasi. Di akhir cerita, Arjun menemui  Parabjeet di sebuah daerah dimana Parabjeet masih hidup.

baca juga: NH10 (2015)


loading...