Senin, 01 Mei 2017

Sinopsis Lengkap Film Jab Tak Hai Jaan (2012)

Jab Tak Hai Jaan (2012)

Rilis
13 November 2012
Negara
India
Bahasa
Hindi
Sutradara
Yash Chopra
Produser
Aditya Chopra
Pemeran
Shah Rukh Khan, Anushka Sharma, Katrina Kaif, Sharib Hashmi, Bindal Parikh, Prerak Patel, Jahidul Islam Shuvo, Jasmine Jardot, Varun Thakur, Amarinder Sodhi, Jay Conroy, Neetu Singh, Rishi Kapor, Anupam Kher
Music
A.R. Rahman
Sinematografi
Anil Mehta
Distributor
Yash Raj Films.



Sinopsis Jab Tak Hai Jaan

Samar Anand (Shahrukh Khan) adalah seorang major di Indian Army, Samar menjinakkan bom di Ladakh tanpa sedikit pun rasa takur dan bahkan dia tidak menggunakan safety. Suatu hari Sammar menyelamatkan Akira Rai (Anushka Sharma) filmmaker di Discovery Channel, usai dia melompat ke dalam air. 

Sammar membawanya ke tepi lalu menghangatkan tubuhnya dengan meyelimuti dengan jaketnya dan meninggalkannya. Akira menemukan sebuah diary di dalam saku Samar. Akira memulai membaca diary millik Samar. Flash back di London, Inggris Samar melihat seorang gadis Meera Thapar (Katrina Kaif) yang sedang berdoa di dalam gereja. Sejak saat itu dia mulai menyukai Meera.




Suatu ketika Samar sedang bekerja paruh waktu di sebuah restaurant, dia menyaksikan wanita pujaannya melangsungkan pertunangan dengan pria bernama Roger sahabatnya. Keesokan harinya, Samar yang sedang bermain music di jalanan di hampiri Meera untuk mengajarkannya bernyanyi dengan bayaran 5000 poundsterling di setiap pertemuan. Samar lalu menanyakan alasannya ingin belajar bernyanyi. 

Meera menjelaskan kepada Samar ayahnya Mr. Taphar (Anupam Kher) berasal dari Jalandhar dan dia menginginkan Meera dapat bicara Punjabi tetapi dia tidak pernah bisa. Bulan depan ayahnya akan ulang tahun ke 50th dan Meera ingin memberikan kejutan kepada ayahnya menyanyikan lagu Punjabi. Samar akan mengajarkannya bernyanyi asalkan Meera mau mengajarkannya berbicara Bahasa Inggris dengan benar. 

Suatu hari Samar menghubungi temannya Maria menjelaskan bahwa dia akan membawa temannya menuju terowongan mala mini. Malam harinya Samar mengajak Meera menuju terowongan berkumpulnya musisi dan para dancer jalanan. Di tempat itu Meera merasa senang sebab dia bisa belajar menari dan bernyanyi. Dalam perjalanan pulang, Samar menjelaskan kepada Meera bahwa dia mencintainya. Sehingga membuat Meera terdiam dan tidak lama kereta tiba mereka pun berpisah. 



Keesokan harinya Meera tampil di acara ulang tahun ayahnya dengan menyanyikan lagu Punjabi di hadapan para tamu ayahnya yang membuat ayahnya bangga pada Meera. Suatu hari Meera menemui Samar dia menjelaskan kepada Samar bahwa dia akan menikah dengan Roger atas permintaan ayahnya dia tidak bisa menolak dan dia menambahkan bahwa ibunya telah meninggalkannya dengan kabur dengan pria lain saat dia berusia 12 tahun. 

Keesokan harinya Meera mendapatkan hadiah berupa sari untuk pernikahaannya dari ibunya dan sebuah surat yang berisikan rasa rindu ibunya. Samar dan Meera pergi menuju sebuah tempat dimana ibunya (Neetu Singh) bersama dengan suaminya Imraan (Rishi Kapoor). Ibunya bercerita kepada Meera tentang hubungannya dan ayah Meera yang tidak dilandaskan oleh cinta. Sejak saat itu Meera mulai menyadari arti cinta dan menyatakan cinta kepada Samar. Suatu hari Samar mengalami kecelakaan dan tidak sadarkan diri. 

Meera yang secara langsung melihat kejadian tersebut berdoa agar Samar dapat diselamatkan dan dia berjanji tidak akan bertemu dengan Samar. Doa Meera terkabul Samar tersadar. Keesokan hari Meera datang menumi Samar dan menjelaskan mengenai doanya tersebut sehingga membuat Samar marah dan meminta agar Meera tidak pergi. Namun Meera tetap pada pendiriannya. Sejak saat itu Samar memutuskan untuk kembali ke India.



Akira yang telah membaca kisah Samar, mulai jatuh hati kepada Samar. Akira pergi menemui Samar dengan memberikan jaket dan bukunya. Suatu hari Akira mendapatkan izin dari Catherine rekan kerjanya untuk membuat film documenter mengenai sosok Samar penjinak bom selam dua minggu lamanya. 

Sulit bagi Akira untuk mendekatkan diri dengan Samar dan bahkan Samar meminta untuk berhenti melakukan pengambilan video saat sebuah insiden yang hampir membahayakan nyawa Akira. Suatu ketika Akira mulai putus asa sebab kameranya rusak.  Namun keesokan harinya dia terkejut kameranya kembali pulih setelah Samar telah membetulkannya. 

Akira merasa senang apalagi Akira memperbolehkan mengambil video saat dirinya menjinakkan bom dari jarak dekat. Akira kembali ke London dan menunjukkan hasil rekamannya pada Catherine. Video Akira akan menjadi tayangan utam di edisi September dan meminta Akira untuk membawa Samar menuju London.



Akira menghubungi Samar dan menjelaskan bahwa videonya tidak bisa tayang jika Samar tidak datang ke London. Samar tiba London dan dia menghubungi Akira bahwa dia berada di depan kantor Discover Channel. Akira merasa senang namun tepat dihadapannya Samar mengalami kecelakaan dan dilarikan ke rumah sakit. 

Saat Samar sadarkan diri dia terus menyebut nama Meera dan Akira menjelaskan bahwa dia bukan Meera. Sehingga membuat tensi Samar menjadi kacau dan suster lalu membuatnya tertidur. Dr. Khan yang merawat Samar menjelaskan kepada Akira bahwa Samar mengalami Amnesia Retrogade dia mengalami kemunduran sepuluh tahun ingatannya terjebak di tahun 2002. Trauma Samar memundurkan ingatannya ke kecelakaan sebelumnya. 

Dia mengingat semuanya sampai kecelakaan sebelumnya tetapi setelah itu dia tidak mengingat apa-apa. Agar ingatan Samar dapat kembali harus mengumpulkan orang-orang yang dikenal. Saat orang-orang yang dia percayai, shock dan traumanya akan berkurang dan kemudian bisa membuatnya ingat kembali. Akira lalu pergi menemui Meera untuk membantunya memulihkan ingatan Samar.



Meera berusaha untuk dapat memulihkan ingatan Samar dan bahkan Zain sahabat dekat Samar ikut membantu. Usaha Meera untuk mengalami kendala sehingga Akira diminta oleh Dr. Khan  untuk turun tangan dengan mengajak Samar melakukan wawancara sebagai sosok Major Samir Anand. Zain lalu membawa Samir untuk bertemu dengan Akira yang akan merekam perjalanan hidup Samir. 

Akira memulai rekaman perjalanan hidup Samir selama berada di London. Suatu hari Samir sedang berada di stasiun kereta. Saat itu polisi datang untuk para penumpang meninggalkan stasiun untuk sebab ada laporan adanya bom. Rupanya hal ini membuat ingatan Samir pulih. Samir menuju tempat bom berada dan dia dapat menjinakkan bom tersebut. 

Samir lalu pergi menemui Meera dan mengajaknya menikah namun Meera masih tetap pada pendiriannya sehingga Meera memutuskan kembali ke India. Suatu ketika Samir selesai menjinakkan bom dan dia terkejut dengan kehadiran Meera. Meera menjelaskan Samir bahwa dia mulai menyadarinya sehingga mereka berdua akhirnya bersatu kembali. 


loading...