Minggu, 07 Mei 2017

Sinopsis Lengkap Film Rang De Basanti (2006)

Rang De Basanti (2006)

Rilis
26 Januari 2006
Negara
India
Bahasa
Hindi, Inggris, Punjabi
Sutradara
Rakeysh Omprakash Mehra
Produser
Ronnie Screwvala, Rakeysh Omprakash Mehra, P.s. Bharathi
Pemeran
Aamir Khan, Kunal Kapoor, Atul Kulkarni, Siddharth Narayan, Sharman Joshi, R. Madhavan, Soha Ali Khan, Alice Patten, Om Puri, Waheeda Rehman, Anupam Kher, Steven Mackintosh, Kiron Kher, Lekh Tandon, Mohan Agashe, Cyrus Sahukar
Music
A.R. Rahman
Sinematografi
Binod Pradhan
Distributor
UTV Motion Pictures.


Sinopsis Lengkap Rang De Basanti:

Sue McKinley (Alice Patten) adalah seorang filmmaker tinggal di Amerika dia ingin membuat film berkaitan dengan diary kakeknya Mr. Mckinley (Steven Mackintosh) yang menceritakan  masa lalunya saat dia menjadi anggota militer Inggris di India. Dimana saat itu terdapat 5 orang aktivis yang menginginkan kemerdekaan India yaitu Chandrasekhar Azad, Shivaram Rajguru, Bhagat Singh, Ram Prasad Bismil, dan Ashfaqulla Khan

Sue datang ke India dan disambut oleh temannya Sonia (Soha Ali Khan) dari University of New Delhi yang membantunya untuk mencari actor mengisi peran ke lima aktivis tersebut. Sonia dan Sue melakukan audisi hanya saja mereka kesulitan untuk mendapatkan pemeran yang tepat. Malam harinya Sonia mengajak Sue untuk bertemu dengan teman-temannya DJ (Aamir Khan), Aslam (Kunal Kapoor), Karan (Siddharth Narayan) dan Sukhi (Sharman Joshi).



Ketika mereka sedang berkumpul, Laxman Pandey (Atul Kulkarni) yang tidak suka DJ dan teman-temannya berperilaku seperti orang asing. DJ dan teman-temannya pun pergi menuju kediaman DJ untuk bertemu dengan ibunya yaitu Mitro (Kiron Kher) dan juga pacar Sonia sekaligus teman mereka yaitu Ajay Rathod (R. Mardhavan) letnan dari satuan Indian Air Force

Di malam itu Sue memberikan peran kepada mereka kecuali Ajay. Suatu hari, Sue dan Sonia kesulitan untuk mendapatkan peran Ram Prasad Bismil seketika Laxman datang menghampiri mereka berdua. Sue memberikan peran tersebut kepada Laxman karena dia memahami sosok Ram Prasad Bismil

Awalnya Sonia melarang Sue untuk memberikan peran tersebut kepada Laxman karena Laxman tidak akur dengan DJ dan teman-temannya. Keesokan harinya Laxman dihadapan mereka sehingga membuat Aslam merasa tidak senang sehingga menimbulkan terjadi perkelahian yang mengakibatkan Sue merasa bersalah. DJ menemui Sue dan berjanji mereka akan berdamai dengan Laxman.



Seiring berjalannya waktu Laxman berdamai dengan lainnya. Suatu hari, Sonia dikejutkan oleh teman-temannya yang menghadirkan Ajay. Ajay melamar Sonia dihadapan teman-temannya yang membuat Sonia merasa senang. Beberapa hari kemudian, Ajay harus menjalani tugas kenegaraan. 

Suatu ketika, mereka dikejutkan dengan pemberitaan mengenai jatuhnya pesawat tempur MIG-21 untuk kedua kalinya setelah enam bulan yang lalu dimana Letnan udara Ajay Rathod tewas dalam kecelakaan sehingga membuat Sonia dan teman-temannya merasa terpukul dengan pemberitaan tersebut. 

Insiden kecelakaan pesawat MIG-21 menjadi sorotan public dimana dalam kurun waktu 10 tahun terakhir 100 pesawat terbang MIG-21 milik IAF mengalami kecelakaan. Dalam laporan CAG menjelaskan bahwa pemerintah telah membeli onderdil yang tidak layak digunakan. Hal ini mengindikasikan pihak pemerintah telah melakukan kasus korupsi tingkat tinggi.



Menteri pertahanan menjelaskan kepada public bahwa insiden jatuhnya pesawat yang dialami MIG-21 baru-baru ini merupakan kelalaian dari Ajay Rathod bukan kesalahan dari pemerintah. Sehingga membuat DJ dan teman-temannya merasa kecewa karena pemerintah telah memutar balikkan fakta sebenarnya. 

DJ dan teman-temannya serta Ibu Ajay (Waheeda Rehman) turun kejalan untuk melakukan demonstrasi. Ketika mereka sedang melakukan demontrasi, mereka diserang oleh anggota kepolisian atas perintah pihak pemerintah sehingga DJ dan teman-temannya mengalami luka-luka. Mengetahui Aslam dilarikan ke rumah sakit, membuat Amanullah Khan (Om Puri) ayahnya merasa sedih. 

Di hari berikutnya mereka pun merencanakan untuk membunuh menteri pertahanan tanpa sepengetahun Sue. DJ bersama dengan Karan menembak mati menteri pertahanan di pagi hari. meninggalnya menteri pertahanan membuat Sue terkejut dia pun menyadari bahwa hal ini yang melakukan adalah DJ dan teman-temannya.



Keesokan harinya mereka menyaksikan berita di televisi. Pemberitaan mengenai politisi Rajnath Singhania (Anupam Kher) ayah dari Karan yang menjadi salah satu bagian dari pihak pemerintah yang melakukan korupsi dana onderdil pesawat MIG-21. Hal ini membuat Karan merasa terpukul. 

Keesokan harinya DJ bersama dengan teman-temannya mendatangi stasiun All Radio India jam enam pagi dimana teman mereka bekerja Rahul (Cyrus Sahukar) bekerja disana sebagai radio Jockey. Hal ini membuat Rahul merasa terkejut sebab mereka meminta para karyawan untuk keluar kecuali Rahul. Karan kemudian melakukan siaran sementara DJ, Aslam, Lakshman, dan Sukhi berjaga-jaga di luar. Karan mengatakan bahwa kami yang telah membunuh menteri pertahanan. 

Kami bukanlah terrorist ataupun didukung oleh organisasi asing bahkan tak punya partai politik. Kami hanyalah 5 mahasiswa dari Universitas Delhi. Kami melakukan pembunuhan terhadap menteri pertahanan karena telah membunuh teman kami Letnan Ajay Rathod dan pilot lainnya. Kami membunuhnya karena telah membunuh Ajay dan telah mencoreng nama Ajay. Ibu Ajay kini dirawat di rumah sakit karena koma.



Karan menambahkan seorang menteri seharusnya melindungi bangsanya bukan menjualnya. Pria seperti menteri pertahanan bukan hanya terbebas dari hukum dia juga mengendalikannya. Kami mungkin salah karena membunuh orang itu tetap sebuah kesalahan, tetapi kami tidak bisa mentolerirnya lagi. Sekarang kami disini untuk mengakui dosa-dosa kami.  Mereka pun tidak lama kedatangan anggota militer yang menyerang mereka. 

Sukhi tewas tertembak lalu Aslam dan Lakshman tewas karena ledakan. Karan melanjutkan siarannya dia mengatakan bahwa tidak ada Negara yang sempurna kalianlah yang harus membuatnya sempurna baik itu menjadi perwira polisi, IAS, militer, dan ikut andil dalam system politik. Negara ini akan berubah kita akan mengubahnya. Lalu seseorang bertanya kepada Karan kalau menteri pertahanan harus mati bagaimana dengan ayahmu. Mendapatkan pertanyaan tersebut Karan tidak berhenti menangis. 

DJ lalu masuk ke dalam siaran dan menjelaskan bahwa hanya ada 2 cara untuk hidup dikehidupanmu mentolerir sesuatu yang mereka lakukan atau mengambil tanggung jawab untuk mengubah mereka. Karan Singhania membunuh ayahnya sebelum dia datang kemari. Mendengar siaran ini membuat Sue tidak berhenti menangis sementara masyarakat mendengar hal ini tergerak hati mereka. Karan telah membunuh ayahnya sebelum dia datang ke sini. Karan dan DJ lalu kedatangan militer dan merek meninggal menyusul sahabat mereka.

Baca juga: Sarkar Raj 


loading...