Senin, 25 September 2017

Sinopsis Lengkap Film The Lunchbox (2013)

The Lunchbox (2013)

Rilis
19 Mei 2013
Negara
India
Bahasa
Hindi
Sutradara
Ritesh Batra
Produser
Anurag Kashyap, Karan Johar, Arun Rangachari, Meeraj Shaikh, Siddharth Roy Kapur, Danis Tanovic, Guneet Monga
Pemeran
Irrfan Khan, Nawazuddin Siddiqui, Nimrat Kaur, Bharati Achrekar, Denzil Smith, Nakul Vaid
Music
Max Richter
Sinematografi
Michael Simmonds
Distributor
Walt Disney Studios Motion Pictures. 

Sinopsis The Lunchbox

Saajan (Irrfan Khan) seorang duda yang akan pensiun dari jabatannya sebagai seorang akuntan. Ila (Nimrat Kaur) seorang istri muda yang mencari perhatian suaminya dan mencari cara mengembalikan asmara dalam hubungan mereka salah satunya dengan memasak makanan untuknya.


Melalui campuran tangan dari "dabbawalas" (sistem yang mengambil makanan dan mengantarkan makan siang dari restauran atau rumah untuk dibawakan kepada orang-orang yang bekerja) kotak makan siang disiapkan Ila bagi suaminya ternyata dikirim ke Saajan.

Ila akhirnya menyadari kesalahannya dan dengan saran tetangganya tinggal di apartemen di atasnya menulis sebuah surat kepada Saajan mengenai makanan tersebut dan meletakkannya di kotak makan siang keesokan harinya. Pertukaran pesan yang dikirim terus bergulir hari demi hari dengan makan siang yang membuat pertemanan di antara mereka.


Saat keduanya berbagi kenangan dan kejadian mengenai kehidupan mereka masing-masing. Di tempat kerja, Saajan ditugaskan untuk melatih pengganti posisinya yaitu Shaikh (Nawazuddin Siddiqui) anak yatim yang awalnya tidak kompeten dan mengganggu Saajan.

Saajan dan Shaikh secara bertahap mengenal satu sama lain dengan lebih baik dan juga melakukan persahabatan yang erat. Pada suatu ketika Saajan menghemat pekerjaan Shaikh dengan menutupi kesalahaannya. Di rumah Ila mengetahui bahwa suaminya berselingkuh dan dia mulai melepaskan harapan terhadap pernikahannya.


Dalam satu surat dia menyarankan untuk pindah ke Bhutan dimana biaya hidup jauh lebih sedikit daripada di India. Saajan menulis kembali menjelaskan bahwa keduanya pindah kesana bersama-sama. Ila selanjutnya menawarkan untuk bertemu langsung namun pada saat telah ditentukan Saajan tidak muncul.

Setelah menerima kotak makan kosong pada hari berikutnya Saajan menulis kembali dan meminta maaf mejelaskan bahwa dia telah tiba dan melihatnya dari kejauhan namun tidak berani mendekatinya. Saajan menjelaskan betapa muda dan cantiknya Ila saat dia memandang sambil menduga dia terlalu tua untuknya dan menasehatinya untuk terus maju.


Beberapa waktu kemudian ayah Ila yang sedang berjuang melawan kanker paru-paru yang diderita meninggal setelah ibunya (Lilette Dubey) mengaku betapa tidak senangnya pernikahannya Ila memutuskan mencari Saajan namun kemudian bertemu Syeikh yang mengatakan Saajan telah pensiun dan menuju ke Nasik.

Saajan menulis pesan perpisahan terakhir kepada Saajan yang menjelaskan bahwa dia telah memutuskan untuk meninggalkan suaminya dan pindah ke Bhutan bersama putrinya. Sementara Saajan mengubah pikirannya dalam perjalanan ke Nasik kembali ke Mumbai dan pergi mencari Ila.


loading...