Senin, 25 September 2017

Sinopsis Lengkap Film Mission Kashmir (2000)

Mission Kashmir (2000)

Rilis
27 October 2000
Negara
India
Bahasa
Hindi
Sutradara
Vidhu Vinod Chopra
Produser
Vidhu Vinod Chopra
Pemeran
Hrithik Roshan, Sanjay Dutt, Jackie Shroff, Sonali Kulkarni, Preity Zinta
Music
Shankar-Ehsaan-Loy
Sinematografi
Binod Pradhan
Distributor
Vinod Chopra Productions.

Sinopsis Mission Kashmir


Inayat (Sanjay Dutt) merupakan senior Superintendent Police yang bertanggung jawab atas keamanan Srinagar, Kashmir. suatu keika anak mudanya yaitu Irfaan (Yogi Soni) mengalami kecelakaan dan dibawa ke rumah sakit.


Namun saat dihasut oleh pemimpin kelompok teroris melarang dokter untuk merawat polisi sehingga para dokter menolak untuk memberikan perawatan kepada Irfaan. Inayat marah mengancam untuk membunuh dokter jika mereka tidak merawatnya.

Namun mereka tetap menolak dengan mengatakan bahwa mereka bersedia untuk mati daripada membiarkan keluarga mereka dibunuh oleh anggota teroris tersebut. Alhasil Irfaan meninggal dunia dan Inayat secara pribadi bersumpah untuk menghancurkan teroris.



Setelah mengetahui kelompok teroris berlindung di desa Dalgate, Inayat dan pasukannya berhasil menyerang dan membunuh para penjahat. Namun sebuah keluarga terjebak dalam baku tembak dan mereka juga terbunuh.

Hanya Altaaf (Mohsin Memon) satu-satunya anggota keluarga yang selamat. Altaaf trauma dan melihat orang tua maupun saudara perempuannya sekarat dihadapannya dan dihantui oleh kenangan akan polisi yang menembaki keluarganya yaitu Inayat.



Altaaf jatuh pingsan dan dipenjara oleh orang-orang dari Inayat dan membuat Inayat marah terhadap petugasnya sebab menempatkan Altaaf yang masih muda ke dalam penjara. Istri Inayat yaitu Neelima (Sonali Kulkarni) yang baru saja kehilangan Irfaan dan merasa kasihan kepada Altaaf berusaha membujuk Inayat agar membiarkan mereka mengadopsinya.

Namun Inayat takut Altaaf suatu hari dapat menemukan kebenaran dan membalas dendam dengan enggan setuju, merasa sangat menyesal sebab membunuh keluarga Altaaf. Tepat ketika Altaaf tinggal di rumah barunya dan menerima Inayat dan Neelima sebagai orang tua barunya dia menemukan topeng milik Inayat dan menyadari bahwa Inayat merupakan salah satu polisi yang membunuh keluarganya.



Setelah usaha yang gagal dalam kehidupan Inayat, Altaaf marah dengan melarikan diri dan ditemukan dibawa oleh sekelompok teroris yang dipimpin oleh Hilal (Jackie Shroff) yang mencuci otaknya dengan berpikir bahwa dia dan orang-orangnya bertindak sesuai dengan ketentuan yang telah dibuat. 

Sepuluh tahun kemudian, Altaaf (Hrithik Roshan) tumbuh dewasa dan Hilal ditugaskan menyelesaikan "Misi kashmir" sebuah rencana teroris yang tidak disebutkan namanya. Hilal memanfaatkan kebencian Altaaf sebagai sarana untuk mencapai tujuannya sendiri sambil memberikan dorongan kepada Altaaf menargetkan Inayat yang kini menjadi jendral atas kematian keluarganya.



Altaaf mengunjungi teman masa kecilnya Sufiya Parvarez (Preity Zinta) dan meskipun dia jatuh cinta padanya dan membantunya, Altaaf memanfaatkannya untuk berusaha dan membuat rencana Hilal meledakkan menara TV lokal Srinagar tepat di hari ulang tahun Inayat dan berhasil.

Dalam proses Inayat mulai mengenalinya dan berusaha melacaknya sebab ketidaknyamanan Neelima mengakibatkan dampak antara Inayat dan Neelima. Di saat yang sama, Sufiya mengetahui pekerjaan Altaaf sebagai seorang militan dan memutuskan hubungannya dengan dia walaupun mengetahui bahwa tragedi keluarganya telah menyebabkan dia menjadi anggota teroris.



Tepat ditanggal yang sama saat keluaraga Altaaf dibunuh, Altaaf melakukan upaya lain terhadap Inayat dengan meminta tiga orang Hilal menanam sebuah bom di tas Inayat. Sayangnya Neelima menjadi korbannya secara tidak sengaja yang membuat Inayat dan Altaaf bingung.

Akhirnya Inayat menyerang salah satu tempat persembunyian Hilal dan menemukan bukti dan informasi mengenai Misi Kashmir. Setelah melalui beberapa kaset dengan bantuan dari Sufiya, dia menyadari bahwa Misi Kashmir tidak ada kaitannya dengan menjatuhkan perdana menteri.



Dimana tujuannya meningkatkan konflik Hindu-Muslim di seluruh benua dengan berupaya meluncurkan rudal di masjid lokal dan kuil Hindu. Sehingga membagi Kashmir dan mengubahnya menjadi zona perang.

Ternyata juga serangan terhadap menara TV tersebut direncanakan menyebarkan rumor pembunuhan Perdana Menteri untuk menutupi tujuan sebenarnya anggota teroris. Hilal dengan sengaja tidak memberitahu Altaaf mengenai misi Kashmir sebenarnya karena mengetahui bahwa Altaaf tidak akan mendukungnya.



Ketika Altaaf pergi ke persembunyian untuk mempersiapkan peluncuran, Hilal diam-diam memberitahu salah satu anak buahnya untuk mengawasi Altaaf memerintahkan kematiannya jika dirinya tidak menyetujui target sebenarnya.

Dengan membawa api dalam penjara yang memungkinkan salah satu dari bom tas pria melarikan diri, Inayat bersama pasukannya berhasil melacak dan menangkap Hilal namun mereka merasa bingung sebab Altaaf dan teroris lainnya telah meninggalkan tempat untuk meluncurkan rudal tersebut.



Polisi maupun tentara kesulitan untuk melawan sebab mereka masih belum mempunyai gagasan untuk mengetahui dimana rudal akan diluncurkan. Memutuskan untuk bermain bijaksana dalam hal ini, Inayat menawarkan membuat kesepakatan dengan Hilal pergi dengan dalih palsu untuk membiarkan Hilal dan anak buahnya terus maju dalam Misi Kashmir sebagai pertukaran untuk Altaaf yang oleh Inayat disumpah untuk dibunuh.

Inayat diam-diam berbohong kepada Hilal bahwa dia lebih sibuk dengan balas dendam atas kematian Neelima daripada melakukan tugasnya. Melihat kebencian Inayat terhadap Altaaf dia mendapatkan tugas, Hilal menerima kesepakatan tersebut dan memastikan tidak ada kesalahan lain yang akan dilakukan Inayat pergi sendiri dengan Hilal ke tempat persembunyian rudal.



Ketika Hilal dan Inayat tiba Hilal menceritakan keberadaan Altaaf. Pada saat itu, Altaaf marah mulai menyerang Inayat yang letih untuk membalas dendam atas pembunuhan keluarganya. Saat melakukannya, Inayat mengungkapkan tujuan sebenarnya Misi Kashmir yang menyatakan bahwa Kashmir akan berubah menjadi neraka.

Setelah cukup mendengarkannya, Altaaf berusaha menembak Inayat di kepalanya. Inayat menjelaskan kecintaannya kepada Altaaf dan penyesalan karena membunuh keluarganya dia bersedia menerima takdirnya namun meminta Altaaf menghentikan Hilal.



Saat Altaaf berjuang melakukannya, dia kemudian ingat bahwa dia pernah tahu mengenai tempat suci yang dibawa Neelima kepadanya. Altaaf memutuskan untuk membatalkan rencana pembalasannya dan membantu Inayat menghentikan Hilal dan pasukannya dari penargetan tempat ibadah.

Hilal melempar bom untuk mengalihkan perhatian mereka sebelum akhirnya ditembak mati oleh Altaaf. Sementara Inayat berkelahi dengan menembak beberapa teroris hingga mati, Altaaf menebus dirinya dengan mengambil peluncur rudal.



Dia menggunakannya untuk menghancurkan peluncur lainnya dan membunuh sisa para teroris sehingga menyelamatkan tempat ibadah. Akhirnya, Altaaf tertembak dan dia jatuh ke rawa-rawa. Inayat kemudian melompat dan dengan aman membawa Altaaf yang tidak sadar ke pantai.

 Rencana Misi Kashmir dipublik ke media dan tempat persembunyian dari pemberi sokongan teroris ditemukan oleh polisi Kashmir dan menembaknya ketika berusaha melarikan diri. Altaaf terbangun dari tidurnya di mana dia berdamai dengan Sufiya dan memaafkan Inayat dan menerima dia sebagai ayahnya lagi setelah 10 tahun lamanya.


loading...