Sabtu, 30 September 2017

Sinopsis Lengkap Film Swades (2004)

Swades (2004)

Rilis
17 December 2004
Negara
India
Bahasa
Hindi
Sutradara
Ashutosh Gowariker
Produser
Ronnie Screwvala, Ashutosh Gowariker
Pemeran
Shahrukh Khan, Kishori Ballal, Gayatri Joshi, Rajesh Vivek, Lekh Tandon, Makrand Deshpande
Music
A. R. Rahman
Sinematografi
Mahesh Aney
Distributor
UTV Motion Pictures. 

Sinopsis Swades

Mohan (Shah Rukh Khan) merupakan orang India yang bekerja sebagai global precipitation manager di Nasa di Amerika Serikat. Mohan terus menghawatirkan Kaveri (Kishori Ballal) seorang pembantu di rumahnya di Uttar Pradesh yang merawatnya selama masa kecil Mohan.


Setelah kematian orang tuanya, Kaveri pergi untuk tinggal di rumah tua di Delhi dan kehilangan kontrak dengan Mohan. Mohan ingin pergi ke India dan dia menginginkan Kaveri kembali hidup bersamanya. Mohan mengambil beberapa minggu dan pergi menuju India.

Mohan pergi rumah tuanya namun Kaveri tidak lagi tinggal di sana dan dia telah pergi ke sebuah desa Charanpur beberapa tahun yang lalu. Mohan selanjutnya memutuskan pergi ke Chanpur di uttar Pradesh. Mohan memutuskan menyewa sebuah kafilah untuk mencapai desa tersebut sebab khawatir bahwa dia mungkin tidak mendapatkan fasilitas yang dibutuhkan disana.


Setelah mencapai Charanpur, Mohan bertemu dengan Kaveri dan mengetahui bahwa Gita (Gayatri Joshi) teman masa kecil Mohan telah membawa Kaveri untuk tinggal bersamanya. gita mengelola sebuah sekolah di Charanpur dan bekerja keras memperbaiki kondisi kehidupan penduduk desa melalui pendidikan.

Namun desa tersebut sebagian besar dibagi beberapa kasta dan kepercayaan agama. gita tidak menyukai kedatangan Mohan saat dia berfikir bahwa Mohan akan membawa Kaveri kembali bersamanya menuju AS dan meninggalkan dia dan adiknya yaitu Chiku.


Kaveri menjelaskan kepada Mohan bahwa dia perlu mengajak Gita menikah lebih dulu dan itu menjadi tanggung jawabnya. Gita percaya pada pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender. Ini menarik Mohan pada Gita dan dia berusaha membantunya dengan berkampanye pendidikan di kalangan masyarakat terbelakang dan juga anak perempuan.

Perlahan Mohan dan Gita saling jatuh cinta. Kaveri meminta Mohan untuk mengunjungi desa terdekat bernama Kodid an mengambil uang dari seorang pria bernama haridas yang berutang kepada Gita. Mohan mengunjungi Kodi dan merasa kasihan melihat kondisi Haridas.


Haridas menjelaskan kepada Mohan bahwa karena profesi kasta penenunnya tidak menghasilkan uang dia beralih menyewa pertanian. Namun perubahan profesi menyebabkan pengucilannya dari desa dan penduduk desa bahkan menyangkal air untuk tanamannya.

mohan memamhami situasi yang ada dan menyadari banyak desa India masih seperti di Kodi. Dia kembali ke Charanpr dengan hati yang berat dan memutuskan untuk melakukan sesuatu demi kesejahteraan Charanpur.  Mohan memperpanjang cuti tiga minggu lagi dan dia belajar bahwa seringnya terjadi pemadaman listrik menjadi masalah besar di charanpur.


Mohan memutuskan untuk mendirikan fasilitas pembangkit listrik tenaga air kecil memanfaatkan sumber air terdeka. Mohan membeli sebuah peralatan yang dibutuhkan dari dana sendiri dan mengawasi pembangunan unit pembangkit listrik.

Unit kerja dan desa mendapat cukup kekuatan yang konsisten dari mereka. Akan tetapi Mohan berulang kali mendapat panggilan dari NASA karena proyek NASA yang sedang dia tangani mencapai tahap penting dan Mohan harus segera kembali menuju Amerika Serikat.


Kaveri menjelaskan kepadanya bahwa dia lebih suka tinggal di Charanpur sebab akan sulit baginya beradaptasi dengan negara baru. Gita juga menjelaskan kepadanya bahwa dia tidak akan tinggal di negara lain dan dia lebih memilihnya jika Mohan tinggal di India bersamanya. Mohan kembali ke Amerika Serikat dengan berat hati untuk menyelesaikan proyek tersebut.

Namun di Amerika serikat, Mohan memiliki kilas balik waktu di india dan dia ingin kembali. Setelah berhasil menyelesaikan proyeknya Mohan meninggalkan AS dan kembali menuju India dengan maksud unutk bekerja di Vikram Sarabhai Space center yang masih ada hubungannya dengan NASA. film berakhir Mohan dan Gita tinggal di Charanpur setelah pernikahan mereka.


loading...