Rabu, 18 Oktober 2017

Sinopsis Lengkap Film Delhi-6 (2009)

Delhi-6 (2009)

Rilis
20 Februari 2009
Negara
India
Bahasa
Hindi
Sutradara
Rakeysh Omprakash Mehra
Produser
Ronnie Screwvala, Rakeysh Omprakash Mehra
Pemeran
Abhishek Bachchan, Sonam Kapoor, Aditi Rao Hydari, Om Puri, Divya Dutta, Rishi Kapoor, Waheeda Rahman
Music
A.R. Rahman
Sinematografi
Binod Pradhan
Distributor
UTV Motion Pictures, Showman Pictures, Rakeysh Omprakash Mehra Pictures. 

Sinopsis Delhi-6


Roshan (Abhishek bachchan) menemani neneknya Annapurna (Waheeda Rahman) ke tempat tinggal leluhur mereka di Delhi. Roshan awalnya tertegun oleh hiruk pikuk tetangganya. Roshan akhirnya menghangat di tempat itu dan sepenuh hati merangkul mereka dan tenggelam dalam budaya.


Roshan juga perlahan terpapar terhadap beberapa kenyataan yang serius dan ketika Annapurna pingsan dan mereka berebut untuk membawanya ke rumah sakit, dia mendapati jalan-jalan tersendat sebab adanya upcara adat dadakan di sekitar seekor sapi yang bekerja.

Dia semakin terkejut ketika neneknya yang meski lemah tersandung untuk mencari berkah dari seekor sapi suci dan dia bahkan tercengan ketika polisi setempat tampaknya mendorong praktik tersebut. Roshan mulai memahami perseteruan dan masalah sosial yang ada di masyarakat.


Saudari Madangopal yaitu Rama (Aditi Rao Hydari) tidak menikah sementara pemberi pinjaman uang lokal yaitu Lala Bhairam (Prem Chopra) menikah dengan seorang wanita muda Shashi (Geeta Bisht) yang kemudian berselingkuh dengan Suresh (Cyrus Sahukar). Suresh mengincar putri dari Madangopal (Om Puri) yaitu Bittu (Sonam Kapoor).

Bittu diam-diam ingin keluar dari Delhi yang macet secara diam-diam bersiap untuk mengikuti audisi reality show popular yaitu Indian Idol dengan harapan dia dapat memenangkan perjalanan menuju Mumbai.


Roshan datang untuk menghargai selera kosmopolitan yaitu Ali Baig (Rishi Kapoor) dan terkejut mengetahui bahwa dia membayangkan ibunya bertahun-tahun yang lalu dan sejak saat itu belum pernah menikah dan Roshan datang untuk berempati dengan gadis kolektor kasta rendah yaitu Jalebi (Divya Dutta) yang harus bertahan hidup.

Roshan melintasi jalan dengan Inspektur Loutish (Vijay Raaz) yang dengan senang membentangkan otoritasnya menjegal penduduk setempat dan berkenalan dengan wanita majelis yang menampakkan kekuatan politik setiap ada kesempatan.


Sementara itu media berita sangat ramai dengan cerita mengenai teror menakutkan "Kala Bandar" (The Black Monkey). Penyalahgunaan ini menyerang orang-orang yang tidak ditunjukkan dengan jelas dan telah menyebabkan kematian beberapa orang yang tidak bersalah.

Suatu ketika Roshan campur tangan ketika Bittu akan menerima calon pelamar yang diatur oleh Madangopal. Roshan menggemakan keinginan Bittu untuk mengejar mimpi lainnya ini membuat si pelamar pergi dan membawa kemarahan Madongpal terhadapnya.


Perlahan Bittu jatuh cinta kepadanya namun bingung ketika Bittu mengungkapkan rasa sayangnya kepada Suresh. Serangan mitos Kala Bandar merebak di Delhi penduduk setempat membawa Shani Baba (Akhilendra Mishra) untuk mengusir pengaruh iblis dari Bandar Kala.

Shani baba yang tidak menyukai kesetaraan antar agama yang dipraktikkan di masyarakat, berspekulasi bahwa masjid setempat pasti dibangun di atas reruntuhan sebuah kuil yang telah dirubuhkan untuk tujuan tersebut. Dia kemudian memulai lingkaran setan permusuhan antara Hindu-Muslim yang sebelumnya harmonis.


Setelah demonstrasi damai di awal, masah terus mengamuk dan menyerang beberapa orang muslim di toko mereka. Hal ini mendorong seorang pemilik toko Muslim yaitu Mamdu  untuk membakar kuil pohon tersebut. Roshan berusaha untuk berdamai namun ditolak sebab keturunannya yang beragam.

Penduduk setempat pada akhirnya puas dengan fakta bahwa Bandar Kala bersembunyi di dalam 
Sooni Galli (jalur gelap yang diketahui mempunyai tempat jahat) dan harus dihancurkan. Mereka memerintahkan Gobar (Atul Kulkarni) yang simpel untuk mengambil sekotak rambut dari musuh jahat sehingga pendeta bisa membakarnya dan menyelesaikan eksorsisme.


Roshan menjadi sadar akan rencana Bittu untuk melarikan diri dengan Suresh. Suresh mengenakan kostum monyet dan diam-diam mengikuti Bittu dengan melompat melintasi atap rumah. Roshan yang dalam pakaian monyetnya ikut campur dalam pertemuan Bittu dan Suresh dan menyebabkan Suresh yang pengecut melarikan diri.

Bittu menimbulkan alarm keras sebelum Roshan membuka topeng dirinya sendiri, Roshan mengatakan kepada Bittu bahwa dia mencintainya dimana dia juga merespon perasaannya keduanya berpelukan dimana penduduk yang marah menyerbu tempat tersebut. Percaya Roshan untuk menjadi Kala Bandar, mereka memukuli Roshan hingga dia terkapar dan Mamdu menembaknya.


Setelah itu Gobar tampil dengan dedikasi mengejutkan mengenai realitas Kala Bandar bahwa Kala Bandar sebenarnya merupakan kejahatan yang berada di dalam masyarakat Delhi-6 dan sesuatu harus dikalahkan orang-orang di dalam mereka sendiri.

Pada akhirnya lingkungan ini menyadari hal ini dan membantu Roshan mencapai rumah sakit dengan bantuan sebuah ambulans. Namun sementara di jalana Roshan tidak menanggapi perlakuan mereka yang membuat orang percaya bahwa dia meninggal. Sementara itu Roshan bertemu dengan kakeknya setelah kematiannya di sebuah gedung di Delhi.



Kakek Roshan (Amitabh Bachchan) menjelaskan bahwa ada Kala Bandar di dalam hatinya sendiri oleh sebab itu dia ingin meminta maaf kepada putrinya yaitu Ibu Roshan sebab tidak menerima pernikahan antaragamanya. Setelah itu dia mengatakan akan menemuinya sekali lagi. Pada saat itu Roshan menanggapi perlakuannya dan semua orang senang bahwa dia tidak mati. Film ini berakhir dengan Roshan yang memahami keragaman Delhi-6.


loading...