Sabtu, 28 Oktober 2017

Sinopsis Lengkap Film Once Upon a Time in Mumbaai (2010)

Once Upon a Time in Mumbaai (2010)

Rilis
30 Juli 2010
Negara
India
Bahasa
Hindi
Sutradara
Milan Luthria
Produser
Shobha Kapoor, Ekta Kapoor
Pemeran
Ajay Devgn, Kangana Ranaut, Prachi Desai, Emraan Hashmi, Randeep Hooda
Music
Sandeep Shirodkar, Pritam
Sinematografi
Aseem Mishra
Distributor
Balaji Motion Pictures.

Sinopsis Once Upon a Time in Mumbaai 

Diawali dengan usaha bunuh diri ACP Agnel Wilson (Randeep Hooda) atas dalih pemboman Bombay tahun 1993. ketika ditanya oleh atasannya atas tindakan Agnel, dia mengklaim bahwa kejadian tragis tersebut merupakan salahnya.


Wilson menceritakan 18 tahun yang lalu saat dia sebagai ACP di daerah Mumbai, ketidakmampuan Agnel mengambil tindakan yang diperlukan mengakibatkan bangkitnya seorang gangster Shoaib Khan (Emran Hashmi) yang memainkan peran dalam pemboman tersebut.

Tahun 1970an, setelah dilanda banjir di kampung halamanya di Madras, Sultan Mirza (Ajay Devgn) tiba di Mumbai tempat dia mendapatkan pekerjaan sebagai shimeller batubara. Terlepas dari penghasilannya yang kecil, Mirza tidak pernah gagal dalam membantu orang miskin yang segera mendapatkan rasa hormat. Mirza dijuluki "Sultan'.


Tumbuh dewasa Mirza menjadi gembong dunia penyelundupan di Mumbai. Melalui pengaruhnya Mirza dengan damai membagi kota di antara empat gangster sehingga menggagalkan usaha politisi mengekang aktivitas ilegal. Walaupun menjadi penjahat Mirza berhati emas.

Mirza tertarik terhadap aktris bollywood bernama Rehna (Kangana Ranaut) dan akhirnya keduanya mulai berkencan. Mirza menginvestasikan uang di film-filmnya yang akan datang. ACP Wilson berusaha menghentikan film Rehana yang didanai oleh Mirza. Kemudian Sultan dan Rehana merekayasa seolah-olah Wilson menerima sogokan yang merusak kredibilitasnya.


Sementara Shoaib orang yang sangat ambisius dia sering terlibat dalam pencurian. Ayahnya yaitu Hussain (Asif Basra) seorang sub-inspektur berusaha membimbing dan mengendalikan anaknya bahkan pernah Hussain marah besar terhadap anaknya setelah ketahuan mencuri.

Hussain mengunci Shoaib di dalam penjara namun Shoaib membuat dia marah sebab Shoaib dan Wilson membuat kesepakatan yang menjelaskan bahwa Shoaib ingin mengikuti jalan lain. Khawatir Hussain beralih ke Mirza meminta bantuan.


Mirza kemudian membantu Shoaib mendirikan sebuah toko barang elektronik. Namun Shoaib tidak puas sebab ambisinya yang sebenarnya menjadi kaya dan berkuasa seperti Mirza idolanya. Mumtaz (Prachi Desai) kekasih Shoaib bekerja di toko perhiasan. Shoaib memberinya kalung hasil curiannya di rumah seorang wanita.

Wanita tersebut datang ke toko bersama dengan suaminya membeli perhiasan dan dia mengenali kalung yang dipakai Mumtaz. Setelah Mumtaz dan wanita tersebut berselish mereka menemui Shoaib yang mengakibatkan timbulnya perpecahan. Shoaib menemui Mirza meminta menjadi bagian kejahatannya.


Mirza setuju dan Shoaib mempelajari trik-trik perdagangan dan segera menjadi kepercayaan Mirza. ACP Wilson melakukan rencana menggunakan ambisi ceroboh Shoaib mendapatkan uang dan menyebabkan jatuhnya Mirza. Rencana ini menjadi bumerang bagi Wilson sebab Shoaib menjadi tidak terkalahkan dan Wilson menyalahkan dirinya sendiri tidak dapat menghentikan Shoaib yang memiliki kekuasaan.

Mirza menyerahkan kekusaannya kepada Shoaib dan memilih memasuki dunia politik. Shoaib mulai memproduksi minuman keras terlarang, berinvestasi narkotika, pembunuhan kontrak dan menjalankan pemerasan. Ketika Sultan kembali dari Delhi, Mirza mengetahui kesalahan Shoaib dan marah.


Dia memukul Shoaib di sebuah pesta karena aktivitasnya yang tidak etis. Hal menyebabkan Shoaib melakukan balas dendam dengan membunuh Mirza saat dia berbicara dihadapan orang demonstrasi. Wilson menyesalkan bahwa dia dan polisi bertanggung jawab atas pemboman tersebut.


 Sebab kurangnya pemikiran sebelumnya, Wilson menjelaskan bahwa Shoaib kini memerintah Mumbai walaupun tinggal di luar negeri dan kini dia mendirikan sebuah kerajaan penyelundupan secara meluas dimana tidak ada pemerintah yang mampu menghentikannya.


loading...