Rabu, 29 November 2017

Sinopsis Lengkap Film Provoked (2006)

Provoked (2006)

Rilis
 14 Juni 2006
Negara
India
Bahasa
Hindi
Sutradara
Jag Mundhra
Produser
Sunanda Murali Manohar
Pemeran
Aishwarya Rai Bachchan, Miranda Richardson, Robbie Coltrane, Naveen Andrews
Music
A.R. Rahman
Sinematografi
Madhu Ambat
Distributor
Private Moments Ltd. 

Sinopsis Provoked


Seorang wanita bernama Kiranjit Ahluwalia (Aishwarya Rai Bachchan) merupakan seorang wanita Punjabi yang telah menikah dengan Deepak Ahluwalia (Naveen Andrews) dalam sebuah pernikahan yang telah diatur dan mereka pindah ke Southall Inggris bersama dengannya untuk lebih dekat dengan keluarga Deepak.


Awalnya dia tampak peduli dan juga menyayanginya akan tetapi segera wajah aslinya nampak dari suaminya yang mulai ditunjukkan kepada Deepak secara bertahap menjelaskan sisi gelap, mengancam dan juga sosiopat dirinya.

Setelah bertahan hingga 10 tahun karena tindakan pelecehan dan juga mempunyai dua orang anak darinya, Kiranjit yang tidak mampu menanggung kebrutalan dan juga tindakan pelecehan secara berulang-ulang dia pun tanpa sengaja membunuh suaminya.


Dibebankan dengan tindakan pembunuhan, kasus ini sampai kepada pemberitahuan sekelompok pekerja sosial Asia Selatan yang menjalani sebuah organisasi yang didanai dibawah naungan yang disebut Southall Black Sisters.

Kiranjit mendapatkan hukuman penjara seumur hidup dimana segala kemungkinan pembebasan bersyarat dalam kurun waktu 12 tahun. Kiranjit berteman dengan teman satu selnya yang merupakan seorang wanita berkulit putih yang bernama Veronica (Miranda Richardson) yang mengajarkannya cara memahami bahasa Inggris.


Veronica pun berteman dengan beberapa gadis yang ada di penjara dan membela Kiranjit melawan penggertak penjara yaitu Doreen (Lorraince Bruce). Veronica membesarkan adiknya yaitu Edward Foster (Robbie Coltrane) yang merupakan seorang penasehat Ratu yang sangat dihormati yang menjadi ajudan dalam permohonan dari Kiranjit.

Edward pada kesempatannya menyadari pentingnya Kiranjit terhadap saudara perempuannya dan pentingnya kasus Kiranjit. Permintaan saudari perempuannya mempunyai makna tambahan sebab Veronica tidak mengizinkannya membantunya dengan daya tariknya sendiri sebab hubungan mereka yang tidak aktif sejak kecil.



Sebelum permohonan Kiranjit di dengar oleh Southall Black Sisters yang membawa perhatiannya terhadap perhatian media dengan mengadakan demonstrasi untuk dapat mengumpulkan publik atas kebebasan Kiranjit. Hingga pada akhirnya Kiranjit dibebaskan oleh sistem peradilan dalam kasus yang penting yang disebut dengan R V Ahluwalia yang menjelaskan kembali provokasi dalam kasus wanita yang babak belur di Inggris.


loading...