Rabu, 24 Januari 2018

Sinopsis Lengkap Film Iqbal (2005)

Iqbal (2005)

Rilis
26 Agustus 2005
Negara
India
Bahasa
Hindi
Sutradara
Nagesh Kukunoor
Produser
Subhash Ghai
Pemeran
Giris Karnad, Shreyas Talpade, Prateeksha Lonkar, Yatin Karyekar, Shweta Prasad, Naseeruddin Shah
Music
Sukhwinder Singh, Himesh Reshammiya, Salim-Sulaiman
Sinematografi
Sudeep Chatterjee
Distributor
Mukta Searchlight Films.

Sinopsis Iqbal


Seorang pria bernama Iqbal (Shreyas Talpade) merupakan seorang tuna rungu dan bisu yang bermimpi dapat bermain kriket untuk India. Akan tetapi, dia berkecil hati oleh ayahnya yang menganggap bahwa pikiran Iqbal hanya pemborosan waktu saja.


Sebaliknya ayah Iqbal ingin Iqbal membantu dirinya menanam dan menjadi seorang petani seperti dia yang akan menjadi profesi yang stabil. Kakak Iqbal bernama Khadija (Shweta Prasad) bagaimanapun membantu Iqbal berusaha menuju akademi terdekat yang dijalankan oleh Guruji (Girish Kamad) yang merupakan seorang kapten India yang berpengaruh yang menerima Iqbal atas bakatnya.

Akan tetapi pada saat Iqbal bersaing dengan seorang anak laki-laki kaya bernama Kamal yang juga merupakan bintang akademi itu, Iqbal dilempar keluar oleh Guruji sebab takut pada ayah Kamal yang mendanai sekolah itu.


Iqbal mencari bantuan dari seorang pemabuk lokal bernama Mohit (Naseeruddin Shah) yang pernah menjadi petinju hebat dan Iqbal membujuknya menjadi pelatihnya. Mereka dapat berlatih di lapangan terdekat menggunakan kerbau-kerbau sebagai pemain lapangan.

Mohit kemudian melatih Iqbal dan memberinya tempat di tim Ranji Trophy Andhra Pradesh walaupun Iqbal tidak mempunyai pengalaman kriket sebelumnya. Iqbal kemudian bermain luar biasa untuk tim yang merupakan tim lemah sebelum dia bergabung dan segera diperhatikan oleh penyeleksi pers dan kriket.


Akan tetapi ketika pertandingan final musi ini, Iqbal bertemu dengan pesaingnya Kamal. Guruji berusaha menyogok Iqbal agar timnas yang bermain dipertandingan itu akan memilih Kamal menajdi tim kriket nasional.

Iqbal menyerah terhadap tawarannya sebab kekhawatiran ayahnya yang menghadapi kesulitan keuangan dan bisa kehilangan tanahnya. Beruntung, agen olahraga dapat menawari Iqbal kesepakatan yang lebih baik dan permainan Iqbal dengan kecepatannya yang biasa dia memenangkan pertandingan bagi timnya.



Anehnya Iqbal juga mengesankan pendiri tim nasional yaitu Kapil Dev dan memenangkan sebuah tempat di tim Kriket nasional India. Pada akhirnya, Iqbal ditampilkan untuk memakai Blue Jersey Cricket tim India dan berjalan di lapangan untuk melakukan debut Internasional.

Loading...