Selasa, 09 Januari 2018

Sinopsis Lengkap Film Shahid (2012)

Shahid (2012)

Rilis
6 September 2012
Negara
India
Bahasa
Hindi
Sutradara
Hansal Mehta
Produser
Sunil Bohra, Anurag Kashyap, Ronnie Screwvala, Alok Arbind Thakur, Siddharth Roy Kapur
Pemeran
Rajkummar Rao, Prabal Punjabi, Tigmanshu Dhulia, Prabhleen Sandhu, Kay Kay Menon
Music
Karan Kulkarni
Sinematografi
Anuj Dhawan
Distributor
UTV Motion Pictures.

Sinopsis Shahid


Film Shahid dimulai dengan pembunuhan Shahid Azmi (Rajkummar Rao) lalu beralih ke kilas balik kekerasan selama terjadinya kerusuhan Bombay. Shahid Azmi di sana menyaksikan pembunuhan berdarah dingin dan dalam kemarahan dia melarikan diri menuju Kashmir yang dikelola oleh Pakistan yang mana Shahid menghabiskan waktu singkat di kamp pelatihan militan.


Shahid Azmi segera kembali dan di Mumbai Shahid di tangkap di bawah TADA atas dugaan adanya persekongkolan untuk membunuh beberapa anggota politisi. Shahid disiksa secara brutal oleh pihak polisi dan dipaksa untuk mengakui atas kejahatan tersebut dan selanjutnya Shahid menghabiskan waktu selama tujuh tahun di penjara Tihar di New Delhi.

Selama penahanan di penjara Tihar, Omar Sheikh (Prabal Panjabi) berusaha untuk mencuci otak Shahid Azmi. Akan tetapi narapadina perang bernama Saab (Kay Kay Menon) mengilhami Shahid untuk dapat memulai pendidikan di perguruan tinggi. Begitu Shahid dibebaskan dari dakwaan, Shahid kemudian melanjutkan studi hukum di Mumbai.


Setelah menerima gelar sarjan hukum, selanjutnya Shahid bekerja dengan pengacara bernama Maqbool Memon (Tigmanshu Dhulia) selama beberapa bulan lamanya sebelum dia memulai karirnya sebagai pengacara independen atas dukungan finansial dari saudara laki-laiknya bernama Arif (Mohammed Zeeshan Ayyub). Selama proses tersebut dia bertemu dengan Mariam (Prabhleen Sandhu) yang selanjutnya dia nikahi.

Shahid segera memulai untuk mengambil kasus-kasus Muslim yang dibebankan dibawah naungan POTA. Shahid bertarung dengan berbagai banyak kasus pro ketika berkonsultasi dengan LSM. Shahid selanjutnya mendapatkan kesuksesan besar pertamanya sebagai seorang pengacara pembela untuk Arif yang telah ditangkap di bawah pengeboman bus POTA, namun dibebaskan dikarenakan kurangnya bukti.


Shahid selanjutnya mewakili terdakwa dalam pemboman kereta bawah tanah Mumbai yang terjadi di tahun 2006, tangkapan senjata di Aurangabad di tahun 2006, dan kemudian kasus pemboman yang terjadi di Malega di tahun 2006. Shahid dikritik sebab mendukung teroris dan mulai mendapatkan ancaman panggilan yang mengganggu kehidupan keluarga Shahid. Hingga suatu kesempatan, wajah Shahid dihitamkan oleh pihak penyerang di luar ruang pengadilan.


Sementara itu membela Faheem Ansari dalam sebuah kasus serangan Mumbai di tahun 2008, Shahid ditembak oleh dua orang pria bersenjata di kantornya dan dia meninggal di tempat kejadian. Selanjutnya Ansari terbukti dibebaskan dari semua tuduhan padanya oleh Mahkamah Agung India sebab kurangnya bukti.  


loading...