Kamis, 18 Januari 2018

Sinopsis Lengkap Film Shanghai (2012)

Shanghai (2012)

Rilis
8 Juni 2012
Negara
India
Bahasa
Hindi
Sutradara
Dibakar Banerjee
Produser
Dibakar Banerjee, Ajay Bijli, Priya Sreedharan, Sanjeev K Bijli
Pemeran
Emraan Hashmi, Abhay Deol, Prosenjit Chatterjee, Kalki Koechlin
Music
Vishal-Shekhar, Mikey McCleary
Sinematografi
Nikos Andritsakis
Distributor
PVR Pictures.

Sinopsis Shanghai


Film ini merupakan kota fiksi Bharat Nagar yang dipuji atas contoh kemajuan melalui infrastruktur. Pemerintah berencana membangun IBP (International Business Park) membuat kota tersebut menjadi kota Shanghai. Bhaggu (Pitobash Tripathy) berpartisipasi penyerangan seorang pemilik toko buku lokal yang menyimpan salinan buku Dr. Ahma (Prosenjit Chatterjee) yang mengkritik partai politik Morcha sebab mengabaikan nasib orang miskin dalam mendapatkan infrastruktur.


Ahmadi dijadwalkan mengunjungi Bharat Nagar untuk berpidato. Mantan siswa Ahmadi yaitu Shalini (Kalki Koechlin) bagian dari kelompok kecil yang berjuang meningkatkan kesadaran bagian bawah partai lokal. Jogi (Emraan Hashmi) bekerja di toko video, Krishnan (Abhay Deol) perwira IAS dan wakil ketua IBP favorit kepala menteri (Supriya Pathak) diyakinkan Sekretaris Utama yaitu Kaul (Farooq Sheikh) mengenai promosi dan perjalanan ke Stockholm.

Ahmadi tiba dari New York City dan menyampaikan pidato. Sekelompok orang berkumpul dan menyerang rekan-rekannya. Ahmadi diliput yang digerakkan Jaggu (Anant Jog) yang ditangkap. Ahmadi koma di rumah sakit dan Shalini yakin ini serangan yang telah direncanakan. Vindo menginformasi Jogi bahwa dirinya telah memberatkan bukti untuk melawan IBP dan ingin menjual rekaman kepada Shalini.


Aruna (Tillotama Shome) istri Ahmadi setuju memimpin kampanye media menuntut kebenaran. Kampanye memaksa kantor CM membentuk komisi penyelidikan yang dipimpin Krishnan. Krishnan mendapati bahwa polisi menyembunyikan bukti jadi dirinya memanggil Chavan (Chinmay Mandlekar) yang tidak kooperatif.

Shalini bertemu Vinod namun pergi ketika Vinod menjelaskan bahwa dia tidak akan memberikan videonya secara free. Selanjutnya Vinod tewas dalam kecelakaan. Jogi sedang syuting, kepala pemimpin partai lokal Deshnayak (Kiran Karmarkar) memberitahukan bahwa dia tahu rekaman tersebut secara halus mengancam. Jogi hendak berkemas namun dia dan Shalini mendapati identitas para geng.


Shalini bersama kelompoknya memberi Krishnan CD bukti yang menghubungkan IBP dengan kecelakaan itu. Krishnan lalu mengirimkan panggilan ke pemimpin Deshnayak yang menolaknya dalam demonstrasi umum yang memicu kerumunan besar. Shalini menemui Jogi dan pasukan Morcha menyerang studio. Jogi dan Shalini kabur dengan bersembunyi di atap hingga pagi.

Bhaggu ditemukan tewas seolah-olah dibunuh pasukan Damle sebab Bhaggu mengancam Damle. Shalini menerima panggilan dari pembantunya Gauri yang menjelaskan keluarga Gauri dalam bahaya. Shalini dengan Jogi menyelinap menuju tempat Gauri yang mana terungkap Jaggu suami Gauri. Jogi ingat Vinod menyimpan cadangan video dan menyelinap kembali ke studio untuk mengambilnya.


Krishnan bertemu kepala menteri mengenai penyelidikan. Chief Minister, terapung sebab dia mempunyai kesempatan, akhirnya menjadi perdana menteri memberikan Krishnan persetujuan atas perjalanan Krishnan ke Stockholm dan promosi jabatan.

Dia juga meminta Krishnan menghentikan penyelidikan dengan menyerahkan semua temuannya pada CID. Jogi mendapati CPU dan mempunyai pelarian sempit dari geng yang mengejarnya. Mereka menunjukkan video Krishnan yang menetapakn Deshnayak berkonspirasi membunuh Ahmadi dan Menteri terlibat dalam hal ini.


Krishnan menghadapi Kaul atas kebenaran dan Kaul mengancam menghancurkan karir Krishnan. Tidak terpengaruh, Krishnan memberontak hingga Kaul akhirnya pergi. Di rumah sakit Ahmadi memutuskan melepaskannnya dari dukungan hidup. Pada akhirnya Krishnan menolak kesempatan pergi ke Stockholm untuk memastikan penyelidikan nasional terbuka sesuai rencana dirinya.


 Jogi melarikan diri dari Bharat Nagar dan dia dinyatakan tidak dapat dilacak. Shalini menulis buku mengenai konspirasi itu namun dilarang di India. Di penutupan, Jaggu mengoperasikan buldoser menghancurkan rumah tua IBP.