Minggu, 04 Februari 2018

Sinopsis Lengkap Film Mangal Pandey : The Rising (2005)

Mangal Pandey : The Rising (2005)

Rilis
12 Agustus 2005
Negara
India
Bahasa
Hindi
Sutradara
Ketan Mehta
Produser
Ketan Mehta, Bobby Bedi, Deepa Sahi
Pemeran
Aamir Khan, Toby Stephens, Kirron Kher, Rani Mukherjee, Ameesha Patel
Music
A.R. Rahman
Sinematografi
Himman Dhamija
Distributor
Kaleidoscope Entertainment, INOX Leisure Limited, Tfk Films, Yash Raj Films.

Plot Mangal Pandey : The Rising (2005)


Pada tahun 1857, sebagian besar India berada di bawah kendali British East India Company, seorang pria bernama Mangal (Aamir Khan) seorang tentara India menjadi bagian tentara East Indian Company. Ketika bertempur di perang Anglo-Afghanistan, Mangal menyelamatkan nyawa Kapten John William Gordon (Toby Stephens).


Gordon telang berhutang budi kepada Mangal dan persahabatan yang kuat berkembang di anatar keduanya melampaui tingkatan dan ras. Gordon menyelamatkan seorang janda bernama Jwala (Ameesha Patel) dan setelah itu dia jatuh hati terhadapnya. Sementara itu Heera (Rani Mukherjee) telah dijual ke pelacuran yang bekerja untuk Lol BIbi (Kirron Kher).

Ada percikan ketertarikan anatara dia dan Mangal. Persahabatan Mangal dan Gordon ditantang setelah diperkenalakannya senapan baru Enfield yang dirampas. Desas-desus merembak di antara sepoy bahwa peluru kerta yang menahan bedak dan bola untuk senapan dilumasi dengan lemak babi.


Proses pemuatan senapan mengharuskan tentara menggigit kartrif dan tentara itu percaya bahwa ini akan menyebabkan mereka mengkonsumsi daging babi atau dagin sapi dimana tindakannya menjijikkan untuk tentara Muslim dan Hindu sebab alasan agama.

Gordon menyelidiki hal ini dan dengan licik diberitahu oleh atasannya untuk dapat memastikan Mangal dan anak buahnya bahwa kartrid itu bebas dari kontaminasi hewan. Menunjukkan kepercayaan terhadap Gordon, Mangal menggigit cartridge namun segera setelah itu mendapatkan kebenarannya.


Masalah yang tampaknya sepele tersebut menjadi percikan yang menyala pemberontakan di antara sepoys. Pemberontakan pecah yang dipimpin oleh Mangal dan situasi meningkat dengan didorong oleh frustrasi kolonialisme dan penundukan. Di satu titik, Mangal dan Gordon terlibat dalam pertarungan langsung.

Company bergerak menghentikan pemberontakan itu dengan membawa tentara dari Myanmar. Mangal ditangkap dan ditetapkan untuk dieksekusi terlepas protes dari Gordon yang beralasan bahwa Mangal akan dipuja sebagai martir dan bahwa warisannya akan menghasilkan lebih banyak demonstrasi.



Ini ternyata benar dan Mangal menikahi Heera di sel penjara sebelum eksekusinya atas pemberontakan nasional melawan peraturan dari Inggris. Akibatnya Gordon terdaftar bergabung dengan pemberontakan melawan Raja Inggris. Film diakhiri dengan sebuah montase gambar pemberontakan dan menggambarkan kemajuan gerakan kemerdekaan India.


loading...