Kamis, 01 Februari 2018

Sinopsis Lengkap Film Udan (2010)

Udan (2010)

Rilis
16 Juli 2010
Negara
India
Bahasa
Hindi
Sutradara
Vikramaditya Motwane
Produser
Anurag Kashyap, Sanjay Singh, Ronnie Screwvala
Pemeran
Ronit Roy, Rajat Barmecha, Manjot Singh, Ram Kapoor, Aayan Boradia, Sumant Mastkar, Anand Tiwari, Akshay Sachdev, Raja Huda, Varun Khetry
Music
Amit Trivedi
Sinematografi
Mahendra J. Shetty
Distributor
UTV Spotboy.

Plot Udan 

Rohan berusia 17 tahun diusir dari Sekolah yang terkenal di pondok Shimla bersama tiga teman Benoy, Maninder, dan Vikram ketika ditangkap oleh sipir penjara mereka menonton film dewasa. Rohan kembali ke rumah dengan ayah yang keras kepala dan alkoholic dan saudara tirinya berusia 6 tahun Arjun. Ayahnya memaksanya berlari setiap pagi.


Rohan selanjutnya harus bekerja di pabrik pekerjaan logam ayahnya dan menghadiri kelas teknik di universitas. Kekecewaan ayahnya berupa pelecehan verbal dan fisik serta penghinaan konstan. Paman Rohan mendukung ambisinya sebagai penulis namun ayahnya tidak menginginkannya.

Di sana dia bertemu beberapa senior dari perguruan tinggi yang berusaha menjahilinya namun selanjutnya menjadi teman. Rohan yang tidak tertarik dengan kuliah sengaja gagal dalam ujian sehingga ayahnya akan menyerah padanya membiasakan dia mengejar mimpinya menjadi seorang penulis. Ketika bersamaan, ayahnnya dipanggil ke sekolah untuk membawa Arjun sebab sesuatu telah dilakukannya.


Hal itu menyebabkan ayahnya kehilangan kontrak berharga. Rohan pulang dimana Arjun dilarikan ke rumah sakit sebab alasan yang tidak diketahui. Ayahnya menjelaskan bahwa Arjun terjatuh dari tangga. Takut akan menyulitkan Rohan berbohong pada ayahnya dan menjelaskan dia lulus ujiannya. Ayahnya pergi ke Calcutta dalam perjalanan bisnis yang mendesak meninggalkan Rohan mengurus Arjun di rumah sakit.

Di rumah sakit Rohan mengesankan banyak orang dengan ceritanya. Dia berteman dengan Arjun dan mendapati bahwa dia dipukuli ayah mereka setelah kehilangan kontrak. Ayahnya kembali dan mendapati Rohan telah gagal ujian. Ayahnya menyerang Rohan namun meminta maaf keesokannya.


Ayahnya menjelaskan akan menikah lagi dan memutuskan mengirim Arjun ke sekolah asrama sementara Rohan seharusnya berhenti kuliah agar dapat bekerja penuh waktu. Saat paman Rohan menawarkan membawa Arjun masuk dia diremehkan ayah Rohan sebab ketidakmampuannnya dan diusir dari rumah.

Ayahnya membakar buku harian Rohan dimana dia menulis semua puisinya. Beberapa saat kemudian, Ayahnya mengenalkan istri dan anak tiri kepada Rohan. Di hari ulang tahunnya ke 18 ayahnya memberi arlojinya yang awalnya milik kakeknya dan menjelaskan dia harus melanjutkan tradisi. Rohan memanggil Maninder yang menjalani kehidupan sukses.


Suatu ketika Rohan mengambil kekesalannya di mobil ayahnya di dekat sungai namun polisi kebetulan melihatnnya dalam tindakan itu. Dia menghabiskan satu malam di penjara setelah ayahnya mengetahui mobil itu dan meninggalkannnya dalam takdirnya. Dia mendapati ibu tiri dan kerabatnya di rumah ketika dia kembali.

Rohan belajar dari Arjun bahwa dia akan berangkat ke asrama besoknya. Rohan berharap dia beruntung dan bersiap meninggalkan rumah. Dalam perjalanan keluar Rohan bertukar kata-kata pahit dengan ayahnya di hadapan tamunya dan diperparah oleh ayahnya meninjunya dan melarikan diri.


Ayahnya mengusir Rohan dan Rohan menghabiskan malam di rumah pamannya. Keesokan harinya Rohan kembali ke rumah dan mendapati Arjun menunggu di luar sementara ayahnya pergi naik taksi mengantarnnya ke sekolah asrama.

Rohan meyakinkan Arjun pergi bersamanya menuju Mumbai meninggalkan jam tangan dan catatan menjelaskan keputusannya dan memperingatkan ayahnya untuk tidak mencarinya dengan ancaman menjelaskan serangannya terhadap Arjun terhadap polisi. Film berakhir dimana Rohan dan Arjun berjalan pergi bergandengan tangan.


loading...