Kamis, 01 Maret 2018

Sinopsis Lengkap Film Peepli Live (2010)


Peepli Live (2010)

Rilis
13 Agustus 2010
Negara
India
Bahasa
Hindi
Sutradara
Anusha Rizvi
Produser
Kiran Rao, Aamir Khan
Pemeran
Raghubir Yadav, Naseeruddin Shah, Malaika Shenoy, Omkar Das Manikpuri, Nawazuddin Siddiqui
Music
Brij Mandal, Indian Ocean, Ram Sampath, Nagin Tanvir
Sinematografi
Shanker Raman
Distributor
Aamir Khan Productions, UTV Motion Pictures.

Sinopsis Peepli Live


Natha (Omkara Das Manikpuri) seorang petani miskin dari desa Peepli yang berjunag mendapatkan uang bagi keluarganya yang terdiri Budhia (Raghubir Yadav), Dhaniya (Shalini Vatsa), dan Amma (Farookh Zafar) yang menghabiskan sebagian waktunya berbaring dan berteika terhadap Natha dan Dhaniya.


Natha dan Budhia berpura-pura pergi bertani sebenarnnya mereka menabung berapa uang harus mereka beli untuk alkohol. Hal ini membuat keluarga kelaparan dan sekarang bank menuntut pembayaran pinjaman. Sementar pemerintah daerah telah mengadakan pemilihan sbeab kritik terus menerus atas kemiskinan yang mengelilingin negara bagian itu.

Pihak oposisi partai Apna percaya bahwa mereka mempunyai kesempatan membentuk pemerintah dalam pemilihan ini sebab orang-orang telah kehilangan kepercayaan terhadap partai Sammaan yang telah lama menjabat dan menteri utamanya Ram (Jugal Kishore) bersama dengan Federal Agriculture.


Saleem (Naseeruddin Shah) percaya terhadap industrialisasi daerah pedesaan. Untuk menyelamatkan tanahnya, Natha memutuskan melakukan bunuh diri karena cara terbaik mendapatkan uang dimana keluarganya akan mendapat kompensasi atas kematiannya.

Natha dan saudarannya mendiskusikan hal yang sama di warung kopi, berita ini dilaporkan oleh Rakesh reporter lokal. Berita ini disorot oleh saluran berita nasional Inggris dan sampai pada Kepala Menteri. Seorang jurnalis tertarik membuat film mengenai kematian Natha. Nandita (Malaika Shenoy) bergabung dengan reporter Rakesh (Nawazuddin Siddiqui) dan mengambil langkah nekat mewawancarai Natha dan keluarganya.


Tetapi keadaan menjadi semakin sulit ketika persaingan saluran berita Hindi yaitu Bharat Live tahu mengenai Natha dan Desa Peeli. Saluran berita bentrok untuk memfilmkan kematian Natha dengan cara mereka sendiri. Partai Samman segera menemukan rencana berusaha untuk mencegahnya melakukan bunuh diri.

Partai oposisi juga terlibat dan berencana memanfaatkan Natha sebagai jalan kekuasaan dalam pemilihan. Peepli segera menjadi perhatian di Mukhya Pradesh. Usaha Nandita untuk mewawancarai Natha semakin parah ketika Rakesh tidak mendapatkan Natha atau orang lain di Peepli. Di sisi lain Bharat Live sukses dalam usaha mereka untuk mewawancarai.


Akan tetapi seiring berjalannya waktu Natha tidak mati. Sementara pihak Sammaan menyadari bahwa jika Natha melakukan bunuh diri mereka akan kalah dalam pemilu. Kepala desa diam-diam menculik Natha dan menahan uang tebusan dari pihak oposisi.

Rencana mereka digagalkan oleh Rakesh mendapatkan Deepak dan anak buahnya menahan sandera Natha di sebuah gudang. Kesibukan terjadi saat orang-orang Apna, penduuk CPI, siaran ITVN, Bharat Live dan penduduk Peepli semua menemukan Natha. Dalam kebingungannya kecelakaan terjadi tumpahan lampu petromax menyulut api di gudang yang meledak dan Rakesh terbunuh.


Pejabat pemerintah menganggap Rakesh adalah Natha dan menolak membayar uang ganti rugi kepada keluarga Natha sebab kematiannya sebagai kecelakaan. Sementara Natha sebenarnya masih hidup dan melarikan diri ke Gurgaon dan nampak bekerja sebagai buru harian di industri konstruksi. Keluarga Natha kehilangan tanah mereka pada bank.


Loading...