Rabu, 03 Oktober 2018

Sinopsis Lengkap Film Windtalkers (2002)


Windtalkers (2002)

Rilis
14 Juni 2002
Negara
Amerika Serikat
Bahasa
Inggris
Sutradara
John Woo
Produser
Terence Chang, C.O. Erickson, Tracie Graham-Rice, John Woo, Alison Rosenzweig
Peemran
Nicolas Cage, Noah Emmerich, Adam Beach, Mark Ruffalo, Peter Stormare, Christian Slater
Sinematografi
Jeffrey L. Kimball
Distributor
MGM Distribution Co.

Plot Windtalkers


Perang dunia II, USMC Cpl Joseph F. Joe Enders mengumandangkan diri kembali tugas aktif dengan bantuan Rita. Dia sebelumnya selamat dari pertempuran di Kepulauan Solomon melawan Tentara Jepang. Tugas Enders kini melindungi Ben Yahzee. Sersan Pete 'Ox' Henderson menerima tugas paralel melindungi Charlie Whitehorse.


Whitheose dan Yahzee teman seumur hidup dari suku Navajo dilatih mengirim dan menerima pesan berkode. Enders dan Henderson diperintahkan membunuh pembicara kode mereka apabila penangkapan sudah dekat alhasil kode tidak dapat jatuh pada musuh. Invasi Saipan menjadi pengalaman Yahzee dan Whitehorse.

Tepi pantai diamankan, Marinir datang. Radio Yahzee dihancurkan dan konvoi, Yahzee menunjukkan dia menyamar dirinya sebagai tentara Jepang dan menyelinap garis musuh menyita radio dengan Enders sebagai tahanannya. Yahzee dipaksa membunuh pertama kali sebelum dia mampu mengalihkan tembakan artileri AS menuju posisi Jepang.

Enders dihadiahi bintang Perak oleh Komandan atas keberaniannya. Yahzee melakukan ritual Navajo atas Enders yang tidak sadar melindunginya dari roh. Yahzee sementara ditugaskan kembali ke pos komando menerjemahkan kode. Keesokan harinya, tentara Jepang menyerang desa. Henderson terbunuh dan Whitehorse ditangkap.

Enders melihat Whitehorse dipukuli oleh Jepang dan berusaha menembak dengan pistol namun kehabisan amunisi. Whitehorse menyadari Jepang akan menyiksanya sebab kode tersebut dengan keras mengagguk terhadap Enders yang melemparkan dirinya membunuh keduanya Whitehorse dan tentara Jepang.

Yahzee kembali melihat tubuh Whitehorse berteriak terhadap Enders menjelaskan apa yang terjadi saat desa itu dianggap aman. Enders bergumam dia membunuh Whitehorse namun tidak menjelaskan bahwa Whitehorse bersedia mati melindungi kode. Yahzee mengarahkan senjata pada Enders namun tidak dapat memkasa dirinya membunuh.

Enders mengakui dia benci harus membunuh Whitehorse dan seperti Henderson misinya melindungi kode di atas segalanya. Yahzee dan Enders diserang sama-sama ditembak saat mereka mengambil radio dan memanggil serangan udara.
Namun dikelilingi dan mengetahui Jepang akan menyiksanya untuk kode sebab mereka hampir melakukannya terhadap Whitehorse, Yahzee memohon Enders membunuhnya. Pesawat tiba dan posisi Jepang dihancurkan. Yahzee bersuka cita tetapi Enders terluka parah.
Kembali di AS , Yahzee bersama istri dan putranya George Washington Yahzee duduk di atas Point Mesa di Monument Valley dan mengenakan kalung suci dan pakaian upacara Navajo lain, melakukan ritual Navajo memberi hormat terhadap Enders.
Dia menjelaskan pada putranya bahwa Enders seorang pejuang dan Marinir yang ganas. Sebuah epilog menjelaksan kode Navajo sangat penting demi keberhasilan Amerika melawan Jepang selama perang pacifik.

Loading...