Sabtu, 22 Desember 2018

Sinopsis Lengkap Film The Golden Compass (2007)


The Golden Compass (2007)

Rilis
27 November 2007
Negara
Amerika Serikat
Bahasa
Inggris
Sutradara
Chris Weitz
Produser
Deborah Forte
Pemeran
Nicole Kidman, Sam Elliott, Dakota Blue Richards, Eva Green, Daniel Craig, Ian McShane, Ian McKellen, Freddie Highmore
Sinematografi
Henry Braham
Music
Alexandre Desplat
Distributor
Entertainment Film Distributors

Plot 


Lyra yatim piatu dibesarkan di Jordan Colleger di Oxford sementara pamannya Lord Asriel sibuk mencari Dust yang sulit dipahami partikel kosmik yang dilarang Magisterium. Lyra dan Pantalaimon menyaksikan agen Magisterium meracuni anggurnya. Lyra memperingatkan pamannya menyelamatkan hidupnya. Saat makan malam Lyra bertemu Mrs. Coulter wanitsa kaya dan berkuasa.
Coulter bersikeras mengajak Lyra menuju Utara sebagai asisten. 


Sebelum pergi, Master of the College mempercayakan Lyra dengan alethimoter tersia artefak seperti kompas mengungkapkan kebenaran. Coulter membawa Lyra menuju rumahnya di kota besar menyerupai London. Suatu malam, Lyra dengan santai menyebut-nyebut Dust hal ini membuat Coulter cemas, memperingatkan Lyra tidak menyebutkan lagi dan bersikeras untuk dia berhenti membawa tas yang diam-diam berisi aleithometer.

Dmomnmon Coulter seekor monyet emas menyerang Pantalaimon mengakibatkan Lyra menyerah. Lyra dan Panalaimon mendapati Coulter kepada dewan kewajiban umum dikenal Gobblers yang telah menculik anak setempat. Lyra mengetahui sahabatnya Roger dan temannya dari Mesir, Billy telah diambil keluarga Gobbler.

Mereka melarikan diri dikejar Gobbler namun dia diselamatkan Ibu Billy membawanya ke kapal Raja Gipsi menuju utara menyelamatkan semua anak. Lyra menunjukkan alethiometer terhadap Farder Coram dan terungkap dia mampu menguraikan jawaban perangkat. Usai berkonsultasi agen Magisterium, Coulter mengirim 2 mata-mata mekanik usai Lyra.

Lord Asriel mencapai Svalbard kerajaan Beruang Es namun ditangkap Samoyedtribesmen yang disewa Coulter. Lyra dihampiri Serafina Pekkala memberi tahu Lyra anak-anak yang hilang berada di Bolvangar. Lyra berteman Lee Scoresby yang menyarankannya menyewa dirinya sendiri dan temannya Iorek Bymison beruang lapis baja datang menyelamatkan Lee.

Dulunya seorang pangeran dari negerinya namun kini diasingkan karena malu, beruang kutub raksasa telah ditipu keluar dari armornya oleh penduduk kota. Memanfaatkan alethiometer Lyra memberi tahu Iorek mendapati armornya. Usai mendapatinya Iorek bergabung perjalanan Gyptian ke utara bersama dengan Lee. Lyra mengendarai Iorek, alethiomter mengarahkannya.

Lyra mendapati Billy melarikan diri dan gemetar terpisah dari demonnya Ratter dan menyadari itulah dilakukan para Gobbler kepada anak-anak yang diculik. Lyra menyatukan kembali Bily dengan ibunya. Iorek membawa Lyra ke jembatan es tipis dekat Bolvangar namun Lyra dapat menyeberang sebelum jembatan pecah. Di stasiun, Lyra disambut bertemu kembali Roger.

Lyra mendengar Coulter memberi tahu ilmuwan bahwa Asriel lolos dari penangkapan dan mendirikan laboratorium namun tentara Magisterium dalam perjalanan menangkap mengeksekusinya. Lyra dan Pantalaimon dilemparkan ruang intersisi usai ditangkap spy dan akhirnya tidak sadar. Ketika Lyra di kamar, Coulter menyelamatkannya membawanya tempat tinggalnya.

Lyra bangun, Coulter menjelaskan Lyra dalam pandangannnya dan Magisterium, perselisihan diperlukan menyelamatkan anak-anak dari pengaruh Dust yang merusak. Dia mengungkapkan dia merupakan Ibu Lyra namun dipaksa memberikannya sebab saat kelahirannya dia belum menikah. Lyra menembak dengan bahwa Asriel merupakan ayahnnnya.

Coulter meminta alethoimeter, Lyra memberinya kaleng berisi spy sebagai gantin. Lalat tersebut menyengat Coulter menjatuhkannya. Lyra berlari menuju ruangan dengan mesin intersisi dan menghancurkannya memicu serangkaian ledakan menghancurkan fasilitas tersebut.

Di luar, anak-anak melarikan diri diserang tentara bayaran Tartar dan demon serigala. Diikuti Iorek, Gipsi, Lee, dan sekelompok penyhiri terbang dipimpin Serafina Pekkala. Orang Tartar dikalahkan dan anak-anak pun diselamatkan. Daripada kembali menuju selatan, Lyra dan lainnya terbang lebih jauh ke utara mencari Asriel.

Mengkonfirmasi ramalan Serafina mengenai perang akan datang dengan Lyra, Lyra bertekad melawan Magisterium dan menghentikan rencana mereka, termasuk mengambil alih dunia lain di alam semesta.


Loading...