Selasa, 19 Februari 2019

Sinopsis Lengkap Film The Imitation Game (2014)


The Imitation Game (2014)

Rilis
29 Agustus 2014
Negara
Amerika Serikat
Bahasa
Inggris
Sutradara
Morten Tyldum
Produser
Ido Ostrowsky, Nora Grossman, Teddy Schwarzman
Pemeran
Benedict Cumberbatch, Rory Kinnear, Keira Knightley, Charles Dance, Matthew Goode, Mark Strong
Sinematografi
Oscar Faura
Music
Alexandre Desplat
Distributor
The Weinstein Company

Plot The Imitation Game


1951, poliai Nock dan Staehl menyelidiki matematikawan Alan Turing usai pembobolan di rumahnya. Turing bercerita mengenai waktunya bekerja di Bletchley Park selama perang Dunia II. 1927, Turing muda mengembangkan persahabatan dengan Christopher Marcom, memicu minatnya pada kriptografi. Di tahun 1939, Inggri menyatakan perang pada Jerman, Turing melakukan perjalanan ke Bletchley Park.


Di bawah arahan komandan Alastari Denniston, dia bergabung tim kriptografi Hugh Alexander, Peter Hilton, John Caimcross, Charles Richards, da Keith Furman. Tim berusaha mendekripsikan mesin enigma yang digunakan Nazi mengirim pesan berkode. Turing sulit diajak bekerja sama menganggap rekannya lebih rendah, dia bekera sendiri merancang mesin menguraikan Enigma. Turing memecat Richards dan Furman menepatkan puzzle silang yang sulit di surat kabar mencari pengganti.

Joan Clarke lulusan Cambridge, lulus ujian Turing namun orang tuanya tidak mengizinkannya. Turing mengatur agar dia tinggal bekerja dengan pegawai wanita yang menerima pesan. Bantuan Clarke, Turing menghangatkan diri terhadap kolega lain. Machine Turing yang dia beri nama Christopher dibuat namun tidak mampu menentukan pengaturan Enigma sebelum Orang Jerman me-reset enkripsi Enigma setiap harinya.

Denniston memerintahkan untuk dihancurkan dan Turing dipecat namun cryptographers lainnya mengancam pergi jika Turing pergi. Clarke berencana pergi atas keinginan orang tuanya, Turing mengusulkan pernikahan yang dia terima. Usai mendengar percakapan petugas wanita mengenai pesan yang diterimanya, Turing memiliki epifani menyadari bahwa dia mampu memprogram mesin memecahkan kode kata-kata yang telah dia ketahui ada dalam pesan tertentu. Usai dia mengkalibrasi ulang mesin, dia dengan cepat menerjemahkan pesan.

Turing menyadari mereka tidak dapat bertindak setiap pesan yang diterjemahkan atau orang Jerman akan menyadari Enigma telah rusak. Turing mendapati bahwa Caimcross mata-mata Soviet. Turing berhadapan dengannya, Caimcross berpendapat Soviet adalah sekutu yang bekerja tujuan yang sama dan mengancam akan membalas mengungkapkan seksualitas Turing yang menyimpang.

Agen MI6 Stewart Menzies tampaknya mengancam Clarke, Turing menjelaskan Caimcross mata-mata. Menzies mengungkapkan dia mengetahuinya dan menanam Caimcorss membocorkan pesan ke Soviet demi kepentingan Inggris. Khawatir akan keselamatan, Turing memberitahu Clake meninggalkan Bletchley park, mengungkapkan bahwa dia seorang gay. Clarke pata  hati menyatakan dia selalu curiga namun bersikeras bahwa mereka akan bahagia bersama.

Usai perang, Menzies memberi tahu para cryptographers menghancurkan pekerjaan mereka dan mereka tidak akan pernah dapat bertemu lagi atau berbagi apa yang sudah mereka lakukan. Tahun 1950an, Turing dihukum sebab ketidaksenonohan dan pengganti hukuman penjara, mengalami pengebirian bahan kimia alhasil dia mampu melanjutkan pekerjaannya. Clarke mengunjunginya di rumannya menyaksikan kemunduran fisik dan mentalnya. Dia menghiburnya mengatakan bahwa pekerjaannya menyelamatkan jutaan nyewa.


Loading...