Selasa, 19 Februari 2019

Sinopsis Lengkap Film The Martian (2015)

The Martian (2015)

Rilis
11 September 2015
Negara
Amerika Serikat
Bahasa
Inggris
Sutradara
Ridley Scott
Produser
Michael Schaefer, Mark Huffam, Simon Kinberg
Pemeran
Matt Damon, Kate Mara, Jessica Chastain, Sean Bean, Kristen Wiig, Sebastian Stan, Jeff Daniels, Aksel Hennie, Michael Pena, Benedict Wong, Chiwetel Ejiofor, Donald Glover
Sinematografi
Dariusz Wolski
Distributor
20th Century Fox.

Plot The Martian 

2035, awak misi Ares III menuju Mars menjelajahi Acidalia Planitia di hari matahari Mars (sol) 18 dari ekspedisi 31 sol mereka. Badai debu mengancam menjatuhkan Mars Ascent Vehicle mereka memaksa membatalkan misi mereka. Selama evakuasi, astronot Watney (Matt Damon) terkena puing dan tersesat dalam badai dan telemerti dari biominitor costumnya berhenti dengan Watney diyakini tewas. Komandan misi Melissa Lewis memerintahkan kru berangkat dan kembali menuju kapal mereka Hermes yang mengorbit.

Watney terbangun dengan peringatan oksigen rendah kembali ke permukaan habitat Hab. Melakukan operasi sendiri, memulai video diary sebab tidak mempunyai komunikasi dengan Bumi. 4 tahun kemudian, Ares IV mendarat 2 ribu mil jauhnya di kawah Shciaparelli. Kekhawatiran utama Watney yaitu makanan, menjadi ahli botani dia berimprovisasi di peternakan dalam Hab memanfaatkan tanah Mars dibuahi kotoran manusia, air dihasilkan mengekstraksi hidrogen dari bahan bakar roket sisa, kentang yang dimaksudkan untuk makan malam.


Dia mulai memodifikasi penjelajah fungsional untuk perjalanan lebih panjang dalam persiapan perjalanan jarak jauh. NASA ingin mengadakan pemakaman Watney, perencana satelit Mindy Park meninjau gambar daerah Hab menyadari dia telah selamat. Administrator NASA Teddy Sanders mempunyai berita dirilis namun meskipun ada keberatan direktur penerbangan Mitch Henderson, tidak mengganggu kru Ares III memberi tahu mereka. Watney mengambil bajak mengambil probe Pathfinder terdekat.

Memanfaatkan kamera Pathfinder dan motornya dia membangun komunikasi 2 arah yang belum sempurnah dengan Bumi, pertama memanfaatkan tanda sederhana dan mengirim serta menerima ASCII dalam heksadesimal. NASA mengirimkan tambalan perangkat lunak menghubungkan bajak dengan Pathfinder, berkomunikasi melalui teks. Watney marah saat dia mengetahui kru belum diberitahu mengenai keselamatannya dan Sanders enggan membiarkan Henderson, akhirnya memberi tahu mereka.

Jet Propulsion Laboratory (JPL) Bruc NG dan Direktur Henderson menyiapkan wahana antariksa Iris mengantarkan cukup makanan bagi Watney hingga kedatangan Ares IV. Kegagalan fungsi airlock Hab sebab tusukan kecil, menghancurkan tanaman Watney. Sanders memerintahkan tim melewati inspeksi keselamatan biasa meluncurkan probe lebih cepat namun gagal 40 detik usai lepas landas. Watney merasa kematiannya tidak terhindarkan.


Administration Luar Angkasa Nasional China mengembangkan roket pendorong rahasia kuat, Taiyang Shen. Merasa persahabatan para ilmuwan NASA, mereka melanggar kerahasiaan pemerintah mereka menawarkannya mengulangi misi Iris. Ahli astrologi JPL Rich Purnell menyusun rencana alternatif mengirim Taiyang Shen persediaan ke Hermes, yang akan memanfaatkan gravitasi Bumi menjepret kembali ke Mars 2 tahun sebelumnya.

Sanders menolak ide tersebut, menolak mengambil risiko kru terhadap Hermes namun Henderson diam-diam mengirim mereka rencana dari Purnell. Mempertaruhkan hidup karier mereka, memilih suara bulat dan membuat perubahan yang diperlukan. Sementara itu Watney memulai perjalanan 90-sol menuju Schiaparelli dimana MAV untuk Ares IV usai diposisikan sebelumnya namun perlu diringankan membuat pertemuan dengan Hermes di jalur baru.


MAV masih gagal mencapai kecepatan diperlukan, jadi komandan Lewis melakukan manuver Hermes yang mengonsumsi sebagian besar bahan bakar tersedia selanjutnya memesan dekompresi eksplosif terarah dari atmosfer internal. Pada akhirnya dia memanfaatkan Manuvering Unit Berawak namun masih belum bisa mencapai Watney.

Dia menembus sarung tangan tekanan dan memanfaatkan udara keluar mendorong dirinya menuju arah Lewis secara efektif menyatukannya kembali dengan kru usai 560 sol sendirian di Mars. Usai kembali ke Bumi, Watney menjadi instruktur bertahan hidup untuk kandidat astronot. 5 tahun kemudian, di hari peringatan peluncuruan misi Ares V, mereka terlibat dalam penyelamatan Watney yang telah memulai kehidupan baru.


Loading...