Kamis, 14 Maret 2019

Sinopsis Lengkap Film Argo (2012)


Argo (2012)

Rilis
12 Oktober 2012
Negara
Amerika Serikat
Bahasa
Inggris
Sutradara
Ben Affleck
Produser
George Clooney, Ben Affleck, Grant Heslov
Pemeran
Ben Affleck, Alan Arkin, Bryan Cranston, John Goodman
Sinematografi
Rodrigo Prieto
Music
Alexandre Desplat
Distributor
Warner Bros. Pictures

Plot Argo 



4 November 1979, penduduk Iran menyerbu kedutaan AS di Teheran sebagai alasan terhadap Presiden Jimmy Carter membiarkan suaka Shah di AS selama revolusi Iran. 60 staf kedutaan sebagai sandera namun 6 menghindari penangkapan di duta besar Kanada Ken Taylor. Departemen Luar Negeri AS mengeksplorasi opsi mengeksfiltrasi mereka dari Iran. Tony Mendeze spesialis exfiltrasi Badan Inteligen Pusat AS dibawa untuk konsultasi. Dia mengkritik proposal namun bingung saat ditanya alternatif.

Dia terinspirasi dengan menyaksikan Battle for the Planet of the Apes, memulai rencana membuat cerita sampul untuk pelarian bahwa mereka pembuat film Kanada yang berada di Iran mencari lokasi eksotis film fiksi ilmiah. Mendez menghubungi John seorang make-up artis Hollywood yang sebelumnya bekerja bagi CIA. Bersama-sama mereka mendirikan perusahaan produksi film palsu mempublikasikan rencana mereka, dan membangun kepura-puraan mengembangkan Argo, "petualangan fantasi Sains" untuk memberikan kredibilitas terhadap cerita sampul.

Menyamar sebagai produser untuk Argo, Mendez memasuki Iran dengan nama Kevin Harkins dan bertemu 6 pelarian. Dia memberi mereka paspor Kanada serta identitas palsu. Kunjungan scouting ke pasar untuk mempertahankan cerita sampul mereka menjadi buruk saat mereka dilecehkan penjaga toko yang bermusuhan, namun kontrak budaya Iran mereka membuat mereka jauh dari kerumunan. Mendez diberitahu operasi tersebut dibatalkan menghindari pertikaian dengan rencana penyelamatan militer terhadap para sandera yang direncanakan.

Dia terus maju memaksa Jack O'Donnell segera mendapati kembali otorisasi misi dan mengkonfirmasi tiket mereka terhadap penerbangan Swiss air. Ketegangan meningkat di bandara, pemesanan tiket pelarian dikonfirmasi pada menit terakhir, dan panggilan kepala penjaga menuju perusahaan produksi palsu di Hollywood hanya dijawab di detik terakhir. Kelompok naik ke pesawat yang lepas landas tepat ketika Pengawal Revolusi di bandara diberitahu mengenai tipu muslihat dan berusaha menghentikan mereka.

Untuk melindungi sandera yang tersisa di Teheran atas pembalasan, semua keterlibatan AS di dalam penyelamatan ditekan dan kredit penuh diberikan terhadap pemerintah Kanada dan duta besarnya. Pengurus rumah duta besar Iran yang telah mengetahui mengenai AS dan berbohong terhadap kaum revolusioner melindungi mereka, melarikan diri menuju Irak. Mendez dianugerahi intelligence star, namun karena sifat rahasia misi, dia menerima medali secara rahasia mengembalikannya setelah itu. Penghargaan dikembalikan padanya usai Canadian Caper dideklasifikasi di tahun 1997.

Loading...