Kamis, 14 Maret 2019

Sinopsis Lengkap Film Les Misérables (2012)


Les Misérables (2012)

Rilis
5 Desember 2012
Negara
Amerika Serikat
Bahasa
Inggris
Sutradara
Tom Hooper
Produser
Eric Fellner, Tim Bevan
Pemeran
Hugh Jackman, Anne Hathaway, Russell Crowe, Eddie Redmayne, Amanda Seyfried
Sinematografi
Danny Cohen
Music
Claude-Michel Schonberg
Distributor
Universal Pictures

Plot 


1815 tahanan Perancis Jean Valjean dibebaskan dari Bagne of Toulon usai menjalani 19 tahun karena mencuri roti. Dia ditawari perlindungan Uskup Digne yang ramah nanun Valjean mencuri peraknya. Ditangkap polisi dan dibawa ke Uskup, Valjean terkejut saat Uskup menjawab dia menawarkan perak tersebut, menjelaskan kepadanya memanfaatkannya melakukan sesuatu berharga dalam hidupnya. Valjean memutuskan membatalkan pembebasan bersyaratnya memulai hidup baru.


8 tahun kemudian, Valjean menjadi pemilik pabrik dan walikota Montreuil. Dia terkejut saat Javert dulunya penjaga penjara, tiba sebagai kepala polisi barunya. Javert mencurigai identitas asli Valjean namun dia menyelamatkan pekerja yang terluka terperangkap dibawah gerobak. Fantine diberhentikan mandor pabrik usai mengetahui dia memiliki anak perempuan tidak sah Cosette yagn dia tinggal untuk tinggal dengan pemilik penginapan, Thenardiers dan kepada siapa dia mengirimkan semua penghasilannya.

Fantine menjadi pelacur dan ditangkap Javert saat dia menyerang pelanggan kasar. Valjean mengetahuinya menyelamatkanya membawanya ke rumah sakit. Valjean mengetahui seorang pria telah salah diidentifikasi sebagai dirinya, memutuskan mengungkapkan identitas aslinya ke pengadialn sebelum kembali menuju Fantine yang sekarat, berjanji merawat Cosette. Javert menangkap Valjean namun dia melarikan diri, mendapati Cosette dan membayar hutang Fantine terhadap Thenardiers.

9 tahun kemudian, Valjean menjadi dermawan membantu orang miskin di Paris. Jenderal Lamarque satu-satunya pemerintah yang bersimpati terhadap orang miskin, meninggal dan kelompok revolusioner memanggil Friends of the ABC memberontak melawan monarki. Marius, anggota Friends bertemu Cosette dan saling jatuh hati. Dia meminta Eponine, putri Thenardiers membantu mendapatinya. Eponine sedih sebab dia juga jatuh hati terhadap Marius. Selama prosesi pemakaman Lamarque, pemberontakan dimulai.

Javert berpura-pura menjadi sekutu memata-matai para pemberontak, namun anak jalanan mengeksposnya sebagai polisi. Selama pertempuran pertama melawan prajurit, Eponine meraih peluru untuk Marius dan mati di pelukannya, memberi surat Cosette mengakui cintanya. Valjean menawarkan mengeksekusi Javert namun sebenarnya membebaskannya, berpura-pura mati.

Para prajurit hampir mengakhiri revolusi, menyerbu barikade dan mengeksekusi semua orang menyelamatkan Marius dan Valjean yang melarikan diri. Valjean mendapati Javert menunggunya, mengabaikan ancaman musuhnya. Javert yang secara moral bingung belas kasihan Valjean, melakukan bunuh diri melemparkan dirinya ke sungai Seine.

Marius pulih namun trauma dengan kematian teman-temannya. Cosette dan Marius bersatu kembali namun Valjean, khawatir kehadirannya mengancam kebahagiaan mereka, membuat rencana pergi dan mengungkapkan kisahnya terhadap Marius, berjanji untuk tetap diam. Cosette dan Marius menikah, namun Thenardiers menghentikan resepsi pernikahan berusaha memeras Marius, dengan Thenardier menjelaskan dia menyaksikan Valjean membawa mayat yang terbunuh dan menunjukkan cincin yang dicuri.

Marius mengakuinya sebagai miliknya mengerti bahwa Valjean menyelamatkannya malam itu. Marius memaksa Thenardier mengungkapkan dimana Valjean sebelum pergi dengan Cosette, dengan Thenardiers diusir. Marius dan Cosette bersatu kembali dengan Valjean sekarat di biara. Valjean memberi mereka surat pengakuan sebelum meninggal.


Loading...