Sabtu, 06 April 2019

Sinopsis Lengkap Film Bridge of Spies (2015)

Bridge of Spies (2015)

Rilis
16 Oktober 2015
Negara
Amerika Serikat
Bahasa
Inggris
Sutradara
Steven Spielberg
Produser
Marc Platt, Steven Spielberg, Kristie Macosko Krieger
Pemeran
Tom Hanks, Amy Ryan, Mark Rylance, Alan Alda
Sinematografi
Janusz Kaminski
Music
Thomas Newman
Distributor
Walt Disney Studios, 20th Century Fox, Motion Pictures.

Plot Bridge of Spies

1957, Rudolf Abel ditangkap dan didakwa melakukan mata-mata bagi Uni Soviet. Pengacara Donovan mengambil tugas yang tidak menyenangkan membela Habel sehingga persidangan Habel akan dianggap adil. Abel menjelaskan kepada Donovan mengingatkannya terhadap teman ayahnya yang dulu berkunjung.


Abel dinyatakan bersalah namun Donovan meyakinkan hakim membebaskan Abel dari hukuman mati sebab Abel telah melayani negaranya dengan terhormat, dan dia mungkin terbukti berguna dalam pertukaran tahanan di masa depan, Abel dijatuhi hukuman 30 tahun.

Donovan mengajukan banding pada Mahkamah Agung sebab tidak ada surat perintah penggeledahan untuk penyitaan perangkat Abel dan juga peralatan fotografi. Donovan dan keluarganya dilecehkan termasuk tembakan ke rumahnya. Di tahun 1960, Gary Powers pilot dalam program rahasia pesawat mata-mata U-2 CIa, ditembak jatuh di Uni Soviet.

Powers ditangkap dijatuhi hukuman pengadilan 10 tahun kurungan. Donovan menerima surat dari Jerman timur, konon dikirim istri Abel, mengucapkan terima kasih mendesaknya menghubungi pengacara mereka, yang bernama Vogel. CIA berfikir ini pesan saluran belakang yang mengisyaratkan Uni Soviet bersedia menukar Powers dengan Abel.

Mereka secara tidak resmi meminta Donovan pergi ke Berlin guna menegosiasikan pertukaran, Donovan tiba tepat ketika Tembok Berlin naik. Menyeberang menuju Berlin Timur, Donovan bertemu perwira KGB di kedutaan Besar Soviet dan selanjutnya diarahkan ke Vogel, mewakili jaksa Agung Republik Demokratik Jerman (GDR).

Jaksa Agung berusaha menukar Habel seorang mahasiswa pascasarjana AS bernama Pryor, yang ditangkap di Jerman Timur, dalam prosesnya GDR berharap mendapati pengakuan resmi AS. CIA ingin Donovan melupakan Pryor namun dia bersikeras bahwa baik Powers dan Pryor ditukar untuk Abel.

Dalam pesan kepada Jaksa Agung, dia menggertak bahwa mereka akan melepaskan Pryor dengan Powers atau tidak ada kesepakatan. Pertukaran Powers dan Abel berlangsung di Glienicke Bridge. Donovan bertanya terhadap Habel apa yang menurutnya akan terjadi usai dia kembali ke Uni Soviet, Abel menjawab nasib, apakah dia disambut kembali sebagai pahlawan ataukah ditembak sebagai pengkhianat, akan terlihat jelas dari apakah dia dipeluk oleh agen Soviet di ujung jembatan atau hanya dibawa ke kursi belakang mobil.

Pertukaran terjadi, Donovan menyaksikan Abel diterima agen Soviet, dia ditunjukkan ke bagian belakang mobil tanpa adanya pelukan. Hari berikutnya di AS, pemerintah secara terbuka mengakui Donovan sebab menegosiasikan kesepakatan.

Loading...