Sabtu, 13 April 2019

Sinopsis Lengkap Film Source Code (2011)

Source Code (2011)

Rilis
20 April 2011
Negara
Amerika Serikat
Bahasa
Inggris
Sutradara
Duncan Jones
Produser
Mark Gordon
Pemeran
Jake Gyllenhaal, Vera Farmiga, Michelle Monaghan
Sinematografi
Don Burgess
Music
Chris Bacon
Distributor
Summit Entertainment.

Plot Source Code

Pilot Angkatan Darat As Captain Stevens bangun di kereta komuter menuju Chicago. Stevens bingung, ingatan terkait terbang pada misi Afghanistan. Namun bagi disekitarnya termasuk Christina Warren dia tampaknya adalah Sean Fentress guru sekolah. Ketika dia menjelaskan kebingungannya terhadap Christina, kereta meledak menewaskan semua orang yang ada di dalamnya.


Stevens sadar kembali dalam kokpit yang remang-remang. Berkomunikasi melalui layar video, Collen Goodwin Captain Angkatan Udara memverifikasi identitas Stevens dan menjelaskan terhadapnya mengenai misinya mendapati pembom kereta sebelum mengirimnya kembali pada awal.

Meyakini dia diuji dalam simulasi, Stevens mendapati bom, namun tidak mampu mengidentifikasi pembom sebelum kereta meledak lagi. Stevens bangkit kembali dalam kapsul dan usai dituntut diberi pengarahan, mengetahui ledakan kereta benar-benar terjadi, dan itu merupakan serangan pertama dari suatu rangkaian. Stevens dikirim kembali, 8 menit sebelum ledakan.

Dia turun kereta dengan Christian sebelum meledak guna mengikuti tersangka namun terbunuh  saat dia jatuh di rel. Hal ini mencatat Stevens bertahan lebih dari 8 menit, sejak dia menyaksikan ledakan tersebut, Christina tidak mati sama sekali dalam simulasi. Kerusakan daya kapsul saat Stevens bangkit kembali kemungkinan sebab berada dalam simulasi lebih lama dari aliran 8 menit-nya.

Dia mengaku menyelamatkan Christina, namun diberitahu Dr. Rutledge bahwa dia diselamatkan hanya dalam "Source Code", mesin eksperimental yang memungkinkan seseorang mengendalikan tubuh orang yang kompatibel dalam reality paralel 8 menit sebelum kematian mereka. Dengan demikian, Christina secara resmi masih dilaporkan terbunuh dalam timeline aslinya.

Serangan kedua yang akan terjadi, Stevens berulang kali memasuki Source Code. Di satu kesempatan, dia berusaha menghubungi Rutledge memanfaatkan ponsel guna menunjukkan bahwa masa lalu bisa diubah. Namun karena dia menghubungi reality yang berbeda, itu diterima sepenuhnya Rutledge yang berbeda, kontinum dari reality asli tidak bisa diubah.

Stevens juga mengetahui dia telah bersama mereka selama 2 bulan sejak dilaporkan tewas dalam aksi. Stevens sebenarnya koma, kehilangan sebagian besar tubuh, dan pada pendukung kehidupan sementara terhubung menuju sensor saraf. Kapsul kokpit merupakan manfistetasi, saat pikirannya berusaha memahami lingkungannya.

Marah terhadap pemenjaraannya yang dipaksa, Stevens meminta dihentikan usai misi dan Rutltedge menerimanya. Akhirnya Stevens menangkap pembom bernama Frost. Stevens mengingat lisensi Frost dan plat registration kendaraan namun tidak mampu menghentikan ledakan kereta.

Polisi dalam realitas asli kemudian menangakp Frost, mencegah serangan kedua. Stevens diberi selamat sebab menyelesaikan misi, namun meminta kembali dalam Source Code untuk menghentikan pemboman kereta api. Goodwin mengirim Stevens kembali untuk terakhir kali, berjanji melepaskan dukungan hidupnya terhadap akhir aliran 8 menit.

Kali ini, Stevens menetapkan date dengan Christina, menjinakkan boom, memborgol Frost dan juga melaporkan ke polisi. Dia mengirimi Goodwin pesan berkode. Sementara Rutledge mengingkari janjinya memerintahkan Goodwin menghapus memori Stevens untuk misi masa depan. Goodwin tidak mematuhi mengakhiri dukungan hidup Stevens namun saat aliran Source Code berakhir.

Namun semesta reality alternatif mereka berlanjut. Mereka terlihat senang hati berjalan melalui pusat kota Chicago menuju Cloud Gate, dimana Stevens mengalami deja vu, sebab setiap kali dia keluar dari Source Code, dia mempunyai visi mengenai dirinya dan Christina di Cloud Gate, yang mendorongnya bertanya apakah ini nasibnya.

Reality alternatif Goodwin menerima email kode dari Stevens saat dia tiba bekerja di pagi hari, memberitahukan terhadapnya bagaimana mereka telah mengubah sejarah, serta kemampuan sebenarnya dari Source Code, dan juga permintaan membantu versi reality alternatif dari dirinya yang masih koma.

Loading...