Rabu, 15 Mei 2019

Sinopsis Lengkap Film Star Wars: Episode I – The Phantom Menace (1999)


The Phantom Menace (1999)

Rilis
16 Mei 1999
Negara
Amerika Serikat
Bahasa
Inggris
Sutradara
George Lucas
Produser
Rick McCallum
Pemeran
Liam Neeson, Ian McDiarmid, Ewan McGregor, Anthony Daniels, Natalie Portman, Kenny Baker, Jake Lloyd, Frank Oz, Pernilla August
Sinematografi
David Tattersall
Music
John Williams
Distributor
20th Century Fox.

Plot 



The Trade Federation mengganggu ketertiban di Galactic Republic, memblokade planet Naboo dalam persiapan invasi skala penuh. Pemimpin Republik, Kanselir Agung Valorum mengutus Jedi Master Qui-Gon Jinn dan muridnya, Obin-Wan Kenobi guna bernegosiasi terhadap Trade Federation Viceroy Nute Gunray.

Darth Sidious dan penyumbang rahasia Trade Federation, memerintahkan Viceroy membunuh Jedi dan memulai invasi mereka dengan pasukan droid pertempuran. Jedi kemudian melarikan diri ke Naboo. Selama invasi, Qui-Gon menyelamatkan kehidupan Jar Jar Binks. Berutang budi terhadap Qui-Gon, Jar Jar memimpin Jedi menuju Otoh Gunga, kota planet, namun tidak berhasil.

Jedi mendapati bimbingan jar dan transportasi bawah laut menuju Theed ibu kota Naboo, mereka nyaris menghindari dimakan monster laut. Mereka menyelamatkan Padme Amidala ratu Naboo dan melarikan diri dari planet diblokade Royal Starship berniat mencapai planet ibu kota Coruscant.

Kapal Amidala rusak saat mereka melewati blokade federasi dan hyperdrive terjebak di dalam baku tembak menjadikan tidak berguna. Mereka mendarat di planet gurun Tatooine terletak di luar yuridiksi Republik. Qui-Gon, Jar Jar, droid R2-D2, dan Padme mengunjungi pemukiman Mos Espa membeli suku cadang di toko sampah.

Mereka bertemu Watto dan budaknya berusia 9 tahun, Anakin Skywalker, pilot dan insinyur berbakat yang membangun protokol droid disebut C-3PO. Tidak bisa membeli suku cadang hyperdrive karena mata uang Republik tidak berharga di Tatooine, Qui-Gon bertaruh untuk suku cadang dan Anakin dengan Watto dalam podrace.

Anakin menang bergabung dengan group untuk dilatih sebagai Jedi, meninggalkan Shmi ibunya. Dalam perjalanan ke kapal, Qui-Gon bertemu Darth Maul murid Darth Sidious bermaksud menangkap Amidala. Qui-Gon dengan cepat melarikan diri menuju atas kapal luar angkasa. Obi-Wan dan Qui-Gon mengantar Amidala menuju Coruscant sehinga dia bisa mengajukan kasus rakyatnya terhadap Kanselir Valorum serta Galactic Senate.

Qui-Gon meminta izin dewan Jedi melatih Anakin sebagai jedi, namun Dewan menolak, khawatir Anakin rentan pada sisi gelap angkatan. Qui-Gon bersumpah mengambil Anakin sebagai muridnya, sementara Senator Naboo, Palpatine membujuk Amidala menyerukan masih tidak percaya terhradap Kanselir Valorum guna memilih pemimpin lebih mampu menyelesaikan krisis. Amidala frustrasi dengan korupsi di Senat memutuskan kembali ke Naboo.

Qui-Goon dan Obi-Wan diperintahkan Dewan Jedi menemani sang ratu menyelidiki kembalinya Sith yang mereka yakini telah punah. Padme mengungkapkan dirinya terhadap Gurigan sebagai Queen Amidala membujuk mereka aliansi melawan Trade Federation. Jar Jar dipromosikan menjadi jenderal bergabung dengan orang-orangnya dalam pertempuran melawan pasukan droid, sementara itu Padme memimpin pencarian untuk Viceroy Gunray di Theed.

Qui-Gon memberitahu Anaskin menunggu di kokpit seorang starfighter yang kosong. Anakin tidak sengaja memicu autopilotnya bergabung dalam pertempuran melawan kapal kontrol droid Federasi. Anakin salah masuk menuju hanggar kapal kendali droid mengakibatkan kehancurannya dari dalam sebelum melarikan diri, menonaktifkan pasukan droid dalam prosesnya.

Qui-Gon dan Obi-Wan bertarung menghadapi Darth Maul yang melukai Qui-Gon, namun tampaknya Darth Maul dibunuh oleh Obi-Wan. Kini sekarat, Qui-Gon meminta Obi-Wan melatih Anakin. Palpatine terpilih menjadi kanselir tertinggi, dan Gunray ditangkap. Yoda mempromosikan Obi-Wan menuju pangkat Jedi Knight dan menerima Anakin sebagai murid Obi-Wan. Padme mempersembahkan hadiah terima kasih terhadap Boss Nass dan Gungan.


Loading...