Rabu, 15 Mei 2019

Sinopsis Lengkap The Shawshank Redemption (1994)


The Shawshank Redemption (1994)

Rilis
23 September 1994
Negara
Amerika Serikat
Bahasa
Inggris
Sutradara
Frank Darabont
Produser
Niki Marvin
Pemeran
Tim Robbins, Clancy Brown, Morgan Freeman, Gil Bellows, Bob Gunton, James Whitmore, William Sadler
Sinematografi
Roger Deakins
Music
Thomas Newman
Distributor
Columbia Pictures.

Plot The Shawshank Redemption



1947, bankir Andy dihukum sebab membunuh istri dengan kekasih istrinya dan dijatuhi hukuman 2 kali hukuman seumur hidup. Andy berteman dengan Red, narapidana ahli penyelundupan barang di penjara, menjalani hukuman seumur hidup. Red menyediakan palu dan poster besar Rita Hayworth untuk Andy.

1949, Andy sengaja mendengar Captain penjaga Byron Hadley mengeluh dikenakan pajak terhadap warisan dan menawarkan membantunya melindungi uang secara legal. Usai serangan para The Sisters yang hampir membunuh Andy, Hadley melumpuhkan pemimpin merek Bogs yang dipindakan ke penjara lain sehingga Andy tidak diserang lagi.

Sipir Samuel Norton bertemu Andy menugaskannya kembali menuju perpustakaan penjara membantu narapidana tua Brooks. Andy mengelola masalah keuangan staf penjara lainnya, penjaga dari penjara lain dan juga kepala penjara. Dia mulai menulis surat mingguan terhadap legislatif negara bagian meminta dana memperbaiki perpustakaan yang lapuk di penjara.

Brooks dibebaskan bersyarat di tahun 1954 usai menjalani 50 tahun, namun dia tidak bisa menyesuaikan diri dengan dunia luar sehingga gantung diri. Legislatif mengirimkan sumbangan perpustakaan mencakup rekaman The Marriage of Figaro. Tahun 1963, Norton mengeksploitasi tenaga kerja penjara guna pekerjaan umum dengan mengambil keuntungan memotong biaya tenaga kerja terampil dan juga meneriam suap. Andy mencuci uang memanfaatkan nama alias "Randall Stephens”.

Tommy Williams dipenjara sebab pencurian di tahun 1965. Andy dan Red berteman dengannya  dan Andy membantu Tommy lulus ujian GED. 1 tahun kemudian, Tommy menjelaskan terhadap Red dan Andy, teman satu selnya di penjara lain mengaku bertanggung jawab terhadap pembunuhan mengakibatkan Andy dihukum.

Andy mendekati Norton mengenai informasi tersebut, namun Norton menolak mendengarkan dan mengirim Andy kembali ke sel isolasi saat dia menyebutkan money laundry. Norton meminta Hadley membunuh Tommy berdalih upaya melarikan diri. Andy berusaha menghentiakn money laundry namun mengalah usai Norton mengancam menghancurkan perpustakaan.

Andy dibebaskan dari kurungan isolasi usai 2 bulan, dan Andy memberi tahu Red yang skeptic impian dari Andy. Andy bermimpi tinggal di Zihuatanejo kota pesisir di Meksiko. Andy memberitahu juga mengenai sebuah ladang jerami khusus dekat Buxton, meminta Red mengambil paket yang dikubur oleh Andy di sana.

Red merasa khawatir mengenai kesejahteraan Andy, terutama saat dia tahu Andy meminta narapidana mengambil tali. Di hari berikutnya para penjaga mendapati Andy menghilang di sel. Norton marah melemparkan batu ke poster Raquel Welch tergantung di dinding sel, menjelaskan sebuah terowongan digali Andy dengan palu selama 19 tahun terakhir.

Malam sebelumnya, Andy memanfaatkan tali melarikan diri melalui terowongan dan pipa pembuangan kotoran, mengambil jas Norton, sepatu dan juga buku besar berisi bukti money laundry. Sementara itu penjaga mencarinya, Andy berperan sebagai Randall Stephens menarik uang yang dicuci dari beberapa bank, mengirimkan buku besar dan bukti korupsi serta pembunuhan di penjara Shawshank kepada surat kabar lokal.

Polisi negara tiba di Shawshank menahan Hadley sementara Norton melakukan bunuh diri. Usai melayani 40 tahun, Red dibebaskan. Dia berjuang beradaptasi dengan kehidupan luar penjara. Mengingat janjinya terhadap Andy, dia mengunjungi Buxton mendapati paket yang dikubur berisi uang dan surat memintanya datang ke Zihuatanejo.

Red melanggar pembebasan bersyaratnya melakukan perjalanan ke Fort Hancock, Texas dan menyeberangi perbatasan menuju Meksiko. Dia mendapati Andy di pantai di Zihuatanejo dan keduanya pun bertemu kembali dengan bahagia.


Loading...