Kamis, 04 Juli 2019

Sinopsis Lengkap Film Article 15 (2019)

Article 15 (2019)

Rilis
28 Juni 2019
Negara
India
Bahasa
Hindi
Sutradara
Anubhav Sinha
Produser
Zee Studios, Anubhav Sinha
Pemeran
Ayushmann Khurrana, Kumud Mishra, Isha Talwar, Manoj Pahwa, Sayani Gupta
Sinematografi
Ewan Mulligan
Music
Anurag Saikia, Gingger, Piyush Shankar, Mangesh Dhakde, Devin Parker
Distributor
Zee Studios.

Plot Article 15

Kisah mengenai seorang polisi yang beradab berusaha memecahkan kejahatan terkait kasta. Pria bernama Ayan Ranjan (Ayushmann Khurrana) merupakan seorang perwira IPS dari Delhi yang telah pindah menuju desa bernama Lalgaon di Uttar Pradesh sebagai tempat hukuman.


Saat dia bergabung akan tugasnya, Ayan mengetahui mengenai kasus yang melibatkan 3 orang gadis yang hilang dari komunitas Dalit. Polisi di luar sana tidak menyelidiki masalah tersebut yang memiliki alasan bahwa kasus itu tidak serius dan komunitas sering mengajukan keluhan yang palsu.

Keesokan harinya, mayat 2 gadis yang hilang yaitu Mamta dan Shalu telah ditemukan tergantung di pohon. Gadis ketiga juga hilang yaitu Pooja. Salah satu gadis dari komunitas yang bernama Gaura (Sayani Grupta) memberi tahu Ayan, ketiga gadis tersebut dulu bekerja di bawah kontraktor lokal Anshu yang dulu membayar mereka dengan upah 25 rupee per hari.


Gadis-gadis tersebut selanjutnya meminta kenaikan gaji hanya 3 rupee namun ditolak Anshu. Sebab itu, mereka memprotes dan juga meninggalkan pekerjaan mereka. Ayan memutuskan menyelidiki masalah tersebut saat Ayan menyadari Gaura memang benar.

Namun petugas bernama Brahmdutt Singh (Manoj Pahwa) yang bekerja di bawah Ayan, secara diam-diam berusaha mengubah narasi kejahatan. Dimana dia menanam cerita di sebuah surat kabar bahwa kedua gadis tersebut dalam hubungan sesama jenis dan itu mengakibatkan ayah mereka membunuh mereka.


Singkatnya itu bukanlah kejahatan terkait kasta, namun pembunuhan demi kehormatan yaitu apa yang dia berusaha buktikan. Dia memaksa Dr. Malti Ram (Ronjini Chakraborty) mengubah laporan post portem, walaupun jelas bahwa Mamta dan Shalu telah berulang kali diperkosa geng dan selanjutnya mereka berdua digantung di pohon.

Di tengah semua tantangan yang harus dihadapi, Ayan berusaha menyelesaikan kasus mendapati Pooja. Yang terpenting pemimpin bawah tanah Dalit Nishant menyerang petugas polisi Jatav dan Ayank dan membakar jip mereka. Selanjutnya menjadi inti film.


Loading...