Kamis, 11 Juli 2019

Sinopsis Lengkap Film Jaka Swara (1990)

Jaka Swara (1990)

Rilis
1990
Negara
Indonesia
Bahasa
Indonesia
Sutradara
Darto Joned
Produser
Budhi Sutrisno
Pemeran
Camelia Malik, Ade Irawan, Rhoma Irama, Simon Cader, Piet Pagau, ME Zainuddin, Gino Makatsuji, Ferry Octora
Sinematografi
Suryo Susanto
Music
Rhoma Irama.

Plot Jaka Swara

Ayah Fatma telah tewas ditembak oleh pihak Portugis pada saat Fatma kecil. Fatma dipertemukan oleh Jaka Swara yang merupakan anak dari Hj. Abdullah. Kedua anak tersebut kini menjadi akrab. Abdullah memberikan mereka kalung. Kalung bulan diperuntukkan kepada Fatma sementara itu Jaka mendapati kalung bintang.



Abdullah terlibat bentrokan melawan sekelompok Portugis. Pimpinan portugis marah sebab pasukannya dikalahkan oleh Abdullah. Keesokan hari Abdullah diserang orang-orang Portugis. Abdullah dan istrinya pun tewas ditembak John Da Costa sementara Fatma dibawa kelompok penjajah.

Fatma kini dijadikan penari Jaipong sementara Jaka ditempa melakukan kegiatan ilmu bela diri Garuda Putih. Kini Jaka telah dewasa dimana Jaka diperintahkan oleh gurunya mengembara. Di perjalanana Jaka melihat wanita di atas kereta yang tidak mampu mengendalikan kudanya. Jaka pun berlari membantunya dan ternyata dia merupakan Fatma teman masa kecilnya.

Pertemuan ini diketahui kelompok John Da Costa. Jaka berhasil membunuh John dan selanjutnya kabur usai tertembak di kaki. Portugis menjadikan Fatma umpan agar Jaka dapat keluar dari persembunyian. Jaka akhirnya disuruh kerja paksa sebab tidak tega melihat Fatma disiksa mandor sehingga Jaka memukulnya. Perbuatan Jaka diketahui anak John yaitu Simon.

Jaka dimasukkan ke dalam penjara tanpa diberikan makanan. Di hari pertarungan yang dikumpulkan para jagoan silat, terdapat 5 orang yang lolos untuk dapat bertarung. Jaka termasuk salah satu diantara peserta yang masih berada dalam penjara. Dengan sekuat tenagan Jaka melepaskan tangannya dari belenggu yang kemudian berlari menuju arena pertarungan.

Jaka pada akhirnya memenangkan pertarungan. Suasana pun menjadi kacau pada saat Simon tidak menghendaki dirinya. Terjadi pertempuran antara rakyat dengan pasukan Simon. Di dalam pertarungan Jaka mampu mengalahkan Simon. Kemenangan tersebut disambut oleh rakyat. Pada akhirnya tidak ada lagi yang menjajah mereka.

Baca juga Film "Rhoma Irama" lainnya (Klik Disini)


Loading...