Sabtu, 16 November 2019

Sinopsis Lengkap Film Ford v Ferrari (2019)

Ford v Ferrari (2019)

Rilis
15 November 2019
Negara
Amerika Serikat
Bahasa
Inggris
Sutradara
James Mangold
Produser
Jenno Topping, Peter Chernin, James Mangold
Pemeran
Matt Damon, Christian Bale, Caitriona Balfe, Jon Bernthal, Josh Lucas, Tracy Letts, Ray McKinnon, Remo Girone, Noah Jupe
Sinematografi
Phedon Papamichael
Music
Marco Beltrami
Distributor
Motion Pictures, Walt Disney Studios.

Plot Ford v Ferrari



1963, Wakil Presiden Ford Motor Company Lee Iacocca (Jon Bernthal) mengusulkan kepada Henry Ford II (Tracy Letts) membeli Ferrari yang kekurangan uang sebagai sarana meningkatkan penjualan mobil mereka dengan berpartisipasi 24 Hours of Le Mans. Enzo Ferrari (Remo Girone) bagaimanapun keluar dari kesepakatan sebab Fiat menawarkannya kesepakatan lebih menguntungkan yang memungkinkannya mempertahankan kepemilikannya terhadap Scuderia Ferrari. Henry II marah memerintahkan divisi balapnya membangun mobil guna mengalahkan Ferrari di Le Mans.

Tugas ini, Iacocca memperkerjakan Shelby Automobiles Carroll Shelby (Matt Damon), pembalap yang memenangkan Le Mans di tahun 1959, namun terpaksa pensiun sebab kondisi jantung. Gilirannya, Shelby meminta bantuan Ken Miles (Christian Bale) pembalap Inggris pemara dan juga mekanik yang berjuang. Miles dan Shelby menguji prototype Ford GT40 Mk I di Bandar International LA, mengerjakan kekurangan design-nya hingga siap balapan.

Melihat bahwa Miles bukan pembalap ideal mereka, Ford memilih mengirim Phil Hill dan Bruce McLaren (Benjamin Rigby) menuju Le Mans 1964 sebagai gantinya. Seperti prediksi Miles, tidak satupun dari Ford menyelesaikan balapan. Sementara Henry II melihat ini sebagai kekalahan memalukan, Shelby menjelaskan kepadanya GT40 menanamkan rasa takut di Ferrari, sebab mencapai 218 mph di Mulsanne langsung sebelumm mogok.

Miles dan Shelby melanjutkan pengembangan GT40 Mk II, namun Miles hampir terbunuh saat rem mobil gagal selama pengujian. 1966, Wakil Presiden Senior Ford yaitu Leo Beebe  (Josh Lucas) mengambil alih divisi balap, bermaksud melanjutkan program tanpa Miles, namun Shelby memberi Henry II tumpangan di mobil dan juga membayar perusahaannya sendiri meyakinkannya bahwa apabila Miles menang 24 hours Daytona, dia akan memenangkan Le Mans.

Tim balap Ford, Miles memasuki Daytona, namun Beebe mempunyai Ford kedua yang dimasukkan dengan tim NASCAR Holman-Moody mendukungnya. Tim Holman-Moody mempunyai pemberhentian pit lebih cepat, Shelby membuat Miles mendorong batas mobilnya menjadi 7 ribu RPM, sehingga memenangkan perlombaan. Le Mans 1966, Miles berjuang dengan pintu yang salah selama lap ke-1, namun usai insinyur tim Roy Lunn memperbaiki pintu dengan palu, Miles membuat catatan putaran sambil mengejar ketinggalan dengan Ferrari.

Ketika balapan dengan pembalap Ferrari Lorenzo Bandini, Miles mengalami kegagalan rem sehingga diganti saat pit stop. Enzo Ferrari memprotes langkah tersebut, namun Shelby meyakinkan pejabat balapan, perubahan rem tersebut sah. Bandini dan Miles sekali lagi berduel di Mulsanne Straight hingga Bandini meniup mesinnya, sama sekali menghilangkan Ferrari di dalam lomba.

3 tim Ford di posisi tiga teratas, Beebe memerintahkan Shelby membuat Miles melambat agar dua Ford lain bisa menyusulnya dan memberi pers foto akhir tiga mobil. Miles pada awalnya menentang keputusan tersebut, terus membuat rekor putaran baru di dekat akhir lomba, namun memutuskan membiarkan Ford berada di putaran terakhir.

Akhirnya, McLaren dinyatakan pemenang, namun Miles berterima kasih terhadap Shelby sebab memberinya kesempatan balapan di Le Mans. Ketika menguji J-Car di Riverside International Raceway, Miles sekali lagi menghadapi kegagalan rem dan juga terbunuh dalam kecelakaan. 6 bulan berikutnya, Shelby membayar janda Miles yaitu Mollie (Caitriona Balfe) dan putra Peter (Noah Jupe) berkunjung dan juga memberi Peter kunci pas yang dilontarkan Miles terhadapnya sebelum memenangkan perlombaan SCCA di Willow Springs di tahun 1963.

Ford akan melanjutkan kemenangan beruntunnya di Le Mans di tahun 1967, 68', dan 69', menjadi satu-satunya pabrikan Amerika yang mampu memenangkan perlombaan bergensi. Miles akan dilantik secara anumerta menuju Motorsports Hall of Fame of America di tahun 2001.

Loading...