Sabtu, 20 Oktober 2018

Sinopsis Lengkap Film Ode to my Father (2014)

Ode to my father (2014)

Rilis
17 Desember 2014
Negara
 Korea Selatan
Bahasa
Korea
Sutradara
Yoon Je-kyoon
Produser
Park Ji-seong, Yoon Je-kyoon
Pemeran
Hwang Jung-min, Yunjin Kim
Sinematografi
Choi Young-hwan
Distributor
CJ Entertainment.

Selama evakuasi Hungnam di tahun 1950 selama perang Korea, saat ribuan pengungsi diangkut ke selatan dengan kapal angkatan laut Amerika. Seorang anak Deok-soo kehilangan jejak Mak-soon saudara perempuannya. Ayah Deok tetap dibelakang mencarinya memberi tahu Deok membawa ibunya dan dua adiknya ke kota pelabuhan Busan dimana bibi Deok menjalankan toko.

Sebelum meninggalkan Deok dan seluruh keluarganya, ayahnya membuat janji kepada Deok untuk dapat menjadi kepala rumah tangga. Deok menjadi pencari nafkah keluarga sejak kecil melakukan segala macam pekerjaan untuk kebutuhan keluarga.


Di tahun 1960 kebutuhan finansial memaksa Deok melakukan perjalanan ke Eropa bersama Dal-goo yang mana mereka mendapati pekerjaan berbahaya di tambang batu bara Jerman untuk membiayai uang sekolah adiknya. Di sana Deok jatuh hati dengan sesama pekerja imigran bernama Young seorang perawat. Setelah insiden pertambangan, Deok meninggalkan Jerman sebab visanya berakhir.

Young kembali ke Korea dan mereka menjalin pernikahan sederhana dan  pada akhirnya menghasilkan dua orang anak. Beberapa tahun berlalu, bibi Deok meninggal. Paman Deok ini lanjut usia dan membutuhkan uang dengan memutuskan menjual tokonya yang tidak disetujui oleh Deok.

Deok memutuskan meninggalkan Korea di tahun 1970an untuk Vietnam yang dilanda perang dimana sebagian untuk memenuhi keinginan pernikahan besar adik perempuannya dengan mendapatkan cukup uang untuk dapat membeli toko dari pamannya.

Young khawatir mengetahui bahaya perang namun Deok meyakinkannya. Selanjutnya setelah perang, Deok kembali ke Korea dengan kaki lemah hasil dari tembakan yang mana dia dibantu oleh penduduk desa melarikan diri dari Viet Cong.

Deok menjalankan toko dan hidup terus berjalan hingga 1983 saat stasiun tv di Korea Selatan menjalankan program acara dimana kerabat yang terpisah selama kekacauan perang Korea, dipersatukan kembali. Deok dihubungi untuk tampil di acara itu dengan harapan menemukan kakaknya yang telah lama hilang yaitu Mak-soon. Seorang wanita yang diadopsi oleh keluarga Amerika selama perang Korea ditampilkan.

Deok berbicara dengan Mak-soon selama siaran itu. Reuni emosional pun terjadi, saat adiknya kembali ke Korea. Ibu Deok meningal setelah pertemuan itu. Sekarang Deok yang sudah tua memutuskan untuk menjual toko barang bibinnya yang sampai titik ini dia keras kepala menolak melakukannya walaupun kehilangan toko tersebut.

Dalam kilas balik dalam Evakuasi Hungnam, ayah Deok berjanji bersatu kembali dengan keluarga di toko sehingga ini yang menyebabkan Deok membeli dan bertahan di toko itu. Di adegan terakhri, Deok memberi tahu istrinya bahwa sudah waktunya menjual toko itu dengan sedih menjelaskan bahwa ayahnya mungkin terlalu tua saat ini untuk bertahan hidup dan bersatu kembali dnegannya.


Loading...