Sabtu, 08 Desember 2018

Sinopsis Lengkap Film Manto (2018)

Manto (2018)

Rilis
21 September 2018
Negara
India
Bahasa
Hindi
Sutradara
Nandita Das
Produser
Namrata Goyal, Vikrant Batra, Ajit Andhare, Nandita Das
Pemeran
Nawazuddin Siddiqui, Rasika Dugal, Tahir Raj Bhasin, Rajshri Deshpande
Sinematografi
Kartik Vijay
Music
Raftaar, Sneha Khanwalkar, Zakir Hussain
Distributor
Viacom 18 Motion Pictures.

Plot

Bombay 1946: Perjuangan kemerdekaan melawan kerajaan Inggris, Saadat Hasan Manto penulis cerita pendek bekerja di industri film Bombay, banyak anggotanya teman dekat termasuk Ismat Chugthai. Manto mempunya banyak pengagum dan teman dalam industri film.


Paling dekat Shyam Chadda aktor peumual dan Ashok Kumar aktor, produser dan sutradara terkenal. Pendukung terbesaarnya adalah Safia istrinya. India memperoleh kemerdekaan 15 Agustus 1947, negara Pakistan lahir. Safia menuju Lahore menghadiri pernikahan saudaranya. Manto memutuskan tinggal di kota Bombay yang dia cintai.

Suatu ketika, Shyam saat mendengar keluarganya terpaksa melarikan diri dari Pakistan sebab mafia memberitahu Manto dalam kemarahan. Kaget dan sedih, tiba-tiba menjadi sadar identitas agama dan kerentanan menyertainya. Dia membuat keputusan pindah menuju Pakistan. Lahore 1948, kota melankolis penuh pengungsi, properti terlantar, dan banyak gedung terbakar.

Dia dibiarkan bergulat rasa isolasi dan perasaan pengkhianatan dalam. Dia berjuang menerim a kenyataan baru. Safia terus mendukung Manto. Pernyataannya dalam membela sastra dan juga kebebasan berbicara disambut dengan keyakinan. Walau demikian, Manto terus menulis bebrapa karya yang tajam dan paling berani.

Dorongan menulis dan minum bertentangan langsung keinginanya melihat keluarganya. Kesehatannya yang gagal membuat dia berhalusinasi. Dia akhirnya menuju pusat rehabilitasi alkohol di rumah sakit.

Narasi utama diselingi lima kisah Manto yang menyentuh. Yang terakhir kisahnya paling terkenal Toba Tek Singh. Manto memulai ceritanya dua atau tiga tahun usai pemisahan, terjadi pada pemerintah India dan Pakistan bertukar tangan. Orang gila Muslim di India akan dikirim ke Pakistan sementara orang Hindu dan Sikh di rumah sakit Paksitan akan diserahkan pada India. Protagonis Sikh yang bersumpah tetap berdiri hingga dia medapati desanya, terbaring kematian tanpa tanah miliknya di antara kedua negara. Situasi Manto tidak jauh berbeda.



Loading...