Kamis, 24 Januari 2019

Sinopsis Lengkap Film Interstellar (2014)


Interstellar (2014)

Rilis
26 Oktober 2014
Negara
Amerika Serikat
Bahasa
Inggris
Sutradara
Christopher Nolan
Produser
Lynda Obst, Emma Thomas
Pemeran
Matthew McConaughey, Bill Irwin, Anne Hathaway, Ellen Burstyn, Jessica Chastain, Michael Caine
Sinematografi
Hoyte van Hoytema
Music
Hans Zimmer
Distributor
Warner Bros. Pictures, Paramount Pictures

Plot


Abad 21, badai debu mengancam kelangsungan hidup manusia. Joseph Cooper insinyur dan mantan pilot NASA mengelola pertanian bersama ayah mertuanya Donald, putra Tom dan putrinya Murph. Cooper ditegur karena memberi tahu Murph, Misi Apollo memang terjadi, dia mendorongnya mengamati mencatat dengan cermat apa yang dilihat. Mereka mendapati pola debu aneh di lantai kamar tidur Murph disebutnya ‘Ghost’, hasil dari variasi gravitasi diterjemahkan dalam koordinat geografis.


Ini membawa mereka ke fasilitas NASA rahasia dipimpin oleh Profesor John Brand menjelaskan 48 tahun sebelumnya sebuah wormhole muncul di dekat Saturunus membuka jalan ke galaksi dengan 12 belas planet berpotensi dihuni terletak di dekat lubang hitam disebut Gargantua. Profesor Brand menjelaskan dia telah menyusun 2 rencana memastikan kelangsungan hidup manusia.

Plan A melibatkan pengembangan teori propulsi gravitasi mendorong eksodus massal, Plan B melibatkan meluncurkan pesawat ruang angkasa Endurance dengan 5 ribu embrio manusia beku menjajah planet yang dapat dihuni. Cooper direkrut mengemudikan Endurance. Murph menolak melihatnya dia meinggalkan arlojinya membandingkan waktu relatif mereka saat dia kembali. Awak kapal terdiri Cooper, robot TARS dan CASE, ilmuwan Dr. Amelia Brand, Dr. Doyle dan Dr. Romilly.

Usai melintasi wormhole, Romilly mempelajari singularitas sementara Cooper, Amelia dan Doyle menyelidiki planet Miller, dunia lautan. Gelombang pasang membunuh Doyle menunda keberangkatan. Kedekatan Wormhole, waktu sangat melebar. Akibatnya, 23 tahun berlalu bagi Romilly di Endurance ketika Cooper dan Brand kembali.

Planet Edmunds mempunyai telemetri sedikit lebih baik, Cooper memutuskan mereka memanfaatkan bahan bakar tersisa mencapai planet Mann. Dalam perjalanan, mereka menerima pesan dari Murph, kini seorang ilmuwan yang telah belajar dari Prof. Brand di ranjang kematiannya bahwa plan B satu-satunya rencana yang sebenarnya. Di planet beku Mann, kru Endurance membangkitkan Mann dari Cyrostasis.

Dia meyakinkan mereka koloniasi adalah mungkin, walaupun lingkungannya ekstrim. Di perjalanan, Mann berusaha membunuh Cooper mengungkapkan dia menyiarkan data dipalsukan dengan harapan diselamatkan. Dia mencuri seorang pendarat menuju ke Endurance. Sementara perangkap jebakan dibuat oleh Mann membunuh Romilly, Amelia menyelamatkan Cooper dengan pendaratan kedua, mereka berlomba menuju Endurance. Mann terbunuh dalam operasi docking manual, sangat merusak Endurance.

Usai manuver docking yang sulit, Cooper mendapati kembali kendali Endurance. Bahan bakar tidak mencukupi mencapai planet Edmunds mereka memanfaatkan Slingshot manuever begitu dekat dengan Gargantua sehingga pelebaran waktu menambah 52 tahun lagi. Dalam proses, Cooper dan TARS membuang sendiri menghemat berat memastikan Endurance mencapai planet Edmund.

Melewati cakrawala peristiwa Gargantua, mereka mengeluarkan dari pendarat dan mendapati diri mereka dalam tesseract, mungkin dibangun manusia dari masa depan yang jauh. Sepanjang waktu, Cooper mampu melihat rak buku ruang lama Murph di Bumi berinteraksi lemah dengan gravitasinya.
Menyadari dia sekarang "ghost" Murph, dia memanipulasi jarum jam tangan kedua yang dia berikan terhadapnya, mentransmisikan data quantum melalui kode morse yang dikumpulkan oleh TAR dari dalam horizon. Cooper dan TAR dikeluarkan dari tesseract dan Cooper terbangun di habitat luar angkasa mengorbit saturnus.

Dia bersatu kembali dengan putrinya kini wanita tua mendekati kematian. memanfaatkan data quantum, dia mampu mengembangkan teori propulsi gravitasi dari plan A yang memungkinkan eksodus dan kelangsungan hidup manusia. Dia mengingatkan Cooper, Amelia sendirian di luar sana. Cooper dan TARS naik pesawat ruang angkasa bergabung kembali dengan Amelia dan CASE, memulai koloni manusia di planet yang mampu dihuni Edmunds.


Loading...