Selasa, 09 April 2019

Sinopsis Lengkap Film Ex Machina (2015)

Ex Machina (2015)

Rilis
10 April 2015
Negara
Amerika Serikat
Bahasa
Inggris
Sutradara
Alex Garland
Produser
Andrew Macdonald, Allon Reich
Pemeran
Domhnall Gleeson, Oscar Isaac, Alicia Vikander
Sinematografi
Rob Hardy
Music
Geoff Barrow, Ben Salisbury
Distributor
Universal Pictures, A24

Plot Ex Machina

Programmer Caleb Smith, bekerja perusahaan mesin pencari dominan Blue Book memenangkan kontes kunjungan satu minggu ke rumah mewah CEO, Nathan Bateman yang tinggal sendiri di sebuah servant Kyoko. Nathan telah membangun robot humanoid wanita bernama ava.


Ava telah lulus tes Turing sederhanan dan Nathan ingin Caleb menilai apakah Ava benar mampu berfikir dan sadar. Ava mempunyai tubuh robot namun wajahnya seperti manusia. Selama pembicaraan mereka Caleb mulai tertarik terhadap Ava, dan dia menjelaskan ketertarikan romantis terhadapnya dan keinginan untuk mengalami dunia luar.

Ava menjelaskan dia mampu memicu pemadaman listrik yang untuk sementara mematikan sistem pengawasan, memungkinkan mereka berbicara secara pribadi. Pemadaman listrik juga memicu sistem keamanan gedung, mengunci semua pintu. Satu kali pemadaman, Ava memberi tahu Caleb bahwa Nathan pembohong yang tidak bisa dipercaya.

Usai Nathan minum hingga pingsan, Caleb mencuri kartu keamanannya mengakses ruangan dan komputernya. Dia mengubah kode Nathan, mendapati rekaman Nathan berinteraksi dengan model android sebelumnya dan mengetahui Kyoko juga andorid. Kini curiga bahwa dia mungkin seorang android, Caleb memotong lengannya memeriksa dagingnya, sampai dia berdarah deras alhasil menegaskan bahwa dia merupakan manusia.

Di pertemuan mereka berikutnya, Ava memotong kekuatan. Caleb menjelaskan apa yang akan dilakukan Nathan dan Ava memohon bantuan. Mereka membentuk rencana, Caleb akan membuat Nathan mabuk lagi dan memprogram ulang sistem keamanan. Nathan menjelaskan terhadap Caleb bahwa dia mengamati percakapan rahasia terakhir Ava dan Caleb dengan kamera bertenaga baterai.

Nathan mengatakan Ava hanya berpura-pura menyukai Caleb agar dia bisa melarikan diri. Ava mematikan daya, Caleb mengungkapkan bahwa dia curiga Nathan mengawasi mereka, dan telah memodifikasi sistem keamanan sebelumnya saat Nathan pingsan. Usai melihat Ava meninggalkan kurungannya, Nathan mengetuk Caleb tidak sadarkan diri dan bergegas untuk menghentikan Ava.

Melalui bantuan dari Kyoko, Ava menikam Nathan namun dalam prosesnya Nathan menonaktifkan Kyoko dan merusak Ava. Ava memperbaiki dirinya sendiri, memanfaatkan kulit buatan mereka guna mengambil penampilan penuh seorang wanita manusia. Meninggalkan Caleb terperangkap dalam fasilitas dan mengabaikan teriakannya, Ava melarikan diri ke dunia luar. Sesampainya di kota Ava bergabung dengan kerumunan.

Loading...