Rabu, 15 Mei 2019

Sinopsis Lengkap Film Star Wars Episode V: The Empire Strikes Back (1980)


The Empire Strikes Back (1980)

Rilis
17 Mei 1980
Negara
Amerika Serikat
Bahasa
Inggris
Sutradara
Irvin Kershner
Produser
Gary Kurtz
Pemeran
Mark Hamill, David Prowse, Harrison Ford, Kenny Baker, Carrie Fisher, Peter Mayhew, Billy Dee Williams, Frank Oz, Anthony Daniels
Sinematografi
Peter Suschitzky
Music
John Williams
Distributor
20th Century Fox

Plot



3 tahun usai penghancuran Death Star, Aliansi pemberontak dipimpin Putri Leia mendirikan pangkalan baru di planet Hoth. Armada kekaisaran dipimpin Darth Vader memburu markas pemberontak dengan mengirim droid penyelidik melintasi galaksi. Luke ditangkap wampa namun berhasil melarikan diri dari sarang wampa memanfaatkan lightsaber.

Sebelum Luke meninggal karena hipotermia, hantu Obi-Wan Kenobi memerintahkannya pergi ke Dagobah berlarih di bawah Jedi Master Yoda. Han Solo mendapati lokasi Luke dan memanfaatkan tauntaun yang dia naiki disana menghangatkan temannya, mereka menunggu disana hingga diselamatkan regu pencari.

Kekaisaran meluncurkan serangan memanfaatkan AT-AT Walker merebut pangkalan, yang memaksa pemberontak mundur. Han dan Leia melarikan diri dengan Chewbacca dan C-3PO di Millenium Falcon, namun kegagalan fungsi hyperdrive kapal. Mereka bersembunyi di asteroid field, tempat Han dan Leia tumbuh lebih dekat.

Sementara itu Luke melarikan diri dengan R2-D2 dalam pesawat tempur X-Wing dan kecelakaan di planet Dagobah. Dia bertemu Yoda, usai berunding dengan Obi-Wan, Yoda setuju menerima Luke sebagai murid. Kelompok Han melakukan perjalanan menuju Cloud City yang mengambang di planet Bespin, yang dijalankan teman lama Han, Lando.

Tanpa diketahui, pemburu hadiah Boba Fett melacak Falcon. Lando menyerahkan kelompok tersebut kepada Darth Vader. Vader berencana memanfaatkan kelompok tersebut sebagai umpan memancing Luke, berniat menangkapnya dan membawanya menuju Kaisar Palpatine. Vader memilih Han dibekukan sebagai subjek uji.

Han selamat dan diberikan kepada Fett yang berencana mengumpulkan hadiah darinya dari Jabba the Hutt. Lando membebaskan Chewbacca dan Leia, namun mereka sudah terlambat menghentikan Fett berangkat dengan Han. Mereka berjuang kembali menuju Falcon dan melarikan diri.

Sementara Luke tiba dan melibatkan Vader dalam dual yang menuntun mereka melewati poros udara pusat. Vader melucuti Luke, dan menggoda dia bergabung. Luke menuduh Vader membunuh ayahnya namun Vader menjelaskan dia adalah ayah Luke. Luke jatuh menuju poros udara dan dikeluarkan di bawah kota terapung, dimana dia tergantung pada antena.

Luke menjangkau Leia secara telepati, Leia membujuk Lando dan Chewie kembali. Usai Luke dibawa naik mereka dikejar pejuang TIE menuju Vader dengan Star Destroyer, namun R2-D2 mengaktifkan hyperdrive Falcon memungkinkan mereka melarikan diri. Bergabung kembali dengan armada pemberontak, tangan Luke yang terputus diganti robotic hand. Chewbacca dan Lando berangkat di Falcon berharap menyelamatkan Han.


Loading...