Sabtu, 17 Agustus 2019

Sinopsis Lengkap Film The Attorney (2013)

The Attorney (2013)

Rilis
18 Desember 2013
Negara
Korea Selatan
Bahasa
Korea
Sutradara
Yang Woo-suk
Produser
Choi Jae-won, Choi Jeong-ho
Pemeran
Song Kang-ho, Oh Dal-su, Kim Young-ae, Kwak Do-won, Im Si-wan
Sinematografi
Lee Tae-yoon
Music
Jo Yeong-wook
Distributor
Next Entertainment World.

Plot The Attourney

Di tahun 1978, mantan hakim Song pindah menuju Busan untuk memulai firma hukumnya sendiri. Pengacara lain memandang rendah Song sebab dia telah lulus ujian pengacara tanpa pernah mencicipi bangku kuliah. Tidak lama kemudian, dia menjadi kayar sebab menerima kasus yang dihindari dari rekan-rekannya, walaupun mereka yang paling menguntungkan, seperti real estare dan juga perpajakan.


Sementara seorang detektif Cha diberi perintah dari tingkat kepemimpinan tertinggi membersihkan Busan dari komunis. Seorang petugas medis dari pangkalan militer, Lt Yoon dikirim mengawasi kesehatan para korban yang akan disiksa agent Cha. Di tahun 1981, Song menikmati ketenaran dan dia bahkan membeli kapal layar berharap bersaing di Olimpiade Seoul 1988.


Suatu ketika ketika makan di restoran bersama teman sekelasnya di sekolah menengah, Song berkelahi dengan jurnalis Lee yang bersimpati terhadap seringnya protes pelajar, dan juga mengklaim media masa secara inheren menipu. Siswa bernama Park, putra pemilik restoran menghilang.

Choi sang ibu merasa panik selama hampir 2 bulan bahkan menutup restoran, sebelum terungap Park dan siswa lain harus menghadapi ujian hasutan. Menyadari pengakuan siswa dieksraksi memanfaatkan penyiksaan, Song setuju mengambil kasus tersebut. Di persidangan, dia melihat sejumlah pelanggaran konstitusi Korea, namun diberitahu jaksa dan hakim, hukum normal tidak berlaku di dalam kasus keamanan nasional.


Para jaksa pun memulai dengan menyatakan para siswa mempelajari buku berjudul "What Is History?" karya Eh Carr. Song mendapat catatan dari konsulat Inggris menyatakan Eh Carr merupakan duta besar Inggris, bukan ideolog komunis. Song tertegun akan tetapi pada saat Cha secara terbuka di mimbar dan juga menyangkal para terdakwa disiksa, dengan berani menyatakan semua memar dan juga luka-luka mereka ditimbulkan oleh mereka sendiri.

Terobosan pun terjadi saat Lt. Yoon bersaksi. Yoon mengakui di pengadilan para terdakwa disiksa dan juga bersedia menjelaskan metode penyiksaan mereka. Cha melaporkan situasi itu terhadap kepemimpinannya, dan juga mereka mampu menjebak Yoon untuk desersi, sehingga membatalkan kesaksiannya dan juga mengirimnya menuju penjara.


Kasus tersebut hilang namun hakim menawarkan keringanan hukum terhadap memberi siswa 2 tahun penjara. Di tahun 1987, Song  telah menjadi pemimpin protes sendiri. Suatu ketika dia ditangkap disebabkan kegiatan dirinya dan juga didakwa terhadap hasutan.

Mengejutkannya 99 dari 142 pengacara di Busan menghadiri sidang Song dan menyatakan dukungan terhadap mereka. Walaupun begitu, kebebasan berbicara dan juga supremasi hukum masih menjadi subjek yang kontroversial di Korea sampai sekrang.

Loading...