Rabu, 30 Oktober 2019

Sinopsis Lengkap Film The Fifth Estate (2013)


The Fifth Estate (2013)

Rilis
5 September 2013
Negara
Amerika Serikat
Bahasa
Inggris
Sutradara
Bill Condon
Produser
Michael Sugar, Steve Golin
Pemeran
Benedict Cumberbatch, Alicia Vikander, Daniel Bruhl, Stanley Tucci, Anthony Mackie, Laura Linney, David Thewlis
Sinematografi
Tobias A. Schliessler
Music
Carter Burwell
Distributor
Motion Pictures, Walt Disney Studios.

Plot The Fifth Estate


Dibuka di 2010 dengan dirilisnya Log Perang Afghanistan. 2007, dimana wartawan Daniel Domscheit-Berg bertemu hacker Julian Assange untuk pertama kali di Kongres Komunikasi Chaos di Berlin. Ketertarikan Daniel terhadap aktivisme online telah membawanya menuju Assange, dengan siapa dia berkorespondensi melalui email. Mereka bekerja sama di WikiLeaks, situs web ditujukan merilis informasi yang dirahasikan dari publik sambil mempertahankan anonimitas sumbernya.

Target utama pertama mereka Bank swasta Swiss, Julius Baer cabang Cayman Islands-nya terlibat kegiatan ilegal. Baer mengajukan gugatan mendapati putusan, hakim membatalkan putusan, memungkinkan Daniel dan Julian mengklaim kembali nama domain. Kepercayaan diri mereka meningkat, keduanya mendorong maju di dalam menerbitkan informasi selama 3 tahun kedepan, termasuk rahasia mengenai Scientology, menjelaskan akun email Sarah dan list keanggotan Partai Nasional Inggris.

Daniel senang mengubah dunia memandang WikiLeaks sebagai perusahan mulia dan Assange sebagai mentor. Hubungan antara keduanya menjadi tegang seiring waktu. Daniel kehilangan pekerjaan dan masalah muncul di dalam hubungannya khususnya mengenai kebocoran keanggotan BNP, juga menjelaskan alamat orang yang terlibat dan mengakibatkan beberapa kehilangan pekerjaan mereka. Assange secara terbuka mengolok keprihatinan Daniel mengenai masalah ini menyiratkan hidupnya sendiri usai lebih meresahkan.

Sikap dan tindakan kasar Assange, seperti meninggalkan Daniel dikediaman orang tuanya usai menerima undangan makan malam mereka, memperdalam ketegangan. Daniel takut Assange mungkin lebih dekat seorang penipu daripada mentor. Dia juga memperhatikan Assange terus memberikan cerita berbeda mengenai mengapa rambutnya putih. Assange memberi tahu Daniel, WikiLeaks mempunyai ratusan pekerja, namun Daniel mengetahui hanya Daniel dan Assange yang menjadi anggota.

Paling penting untuk Daniel, Assange sering mengklaim melindungi sumber merupakan tujuan nomor satu situs web. Daniel curiga bahwa Assange hanya peduli mengenai melindungi sumber sehingga orang akan tampil kedepan dan juga Assange tidak benar peduli siapa yang terluka situs web, walaupun Assange mengklaim kerugian yang mungkin ditimbulkan situs web tersebut jauh lebih besar daripada manfaat kebocoran yang dibuat.

Kekasih Daniel menjelaskan kepadanya dia meyakini pada tujuannya namun itu tugasnya untuk mencegah Assange bertindak terlalu jauh. Ketegangan memuncak saat Bradley Manning membocorkan ratusan ribu dokumen menuju WikiLeaks, termasuk video Pembunuhan Jaminan serangan dari serangan udara di Baghdad, dan 250 ribu Kabel Diplomatik Amerika. Assange ingin membocorkan dokumen namun Daniel bersikeras mereka meninjau dokumen lebih dulu.

Beberapa surat kabar utama setuju bekerja sama dengan WikiLeaks di dalam merilis dokumen sambil memutar WikiLeaks secara positif. Namun baik Daniel dan surat kabar mengharuskan nama dalam dokumen tersebut dihapus melindungi sumber dan membantu dalam putaran media, dengan enggan Assange setuju. Daniel menyadari Assange tidak mempunyai niat menindaklanjuti janji tersebut dan sedang merawat orang kanan menggantikan Daniel.

Surat kabar merilis dokumen dihapus. Media dan keributan publik terjadi memaksa para informan kabur dari negara tempat tinggal mereka dan juga banyak diplomat Amerika mengundurkan diri. Sebelum Assange mampu melangkah lebih jauh. Daniel dan anggoata lain tim WikiLeaks asli menghapus situs memblokir akses Assange menuju Server.

Daniel berbicara dengan seorang reporter The Guardian, 2 ketakutan bahwa memberi Assange platform begitu besar merupakan sebuah kesalahan. Reporter tersebut memberi tahu Daniel, walaupun Assange mungkin tidak mampu dipercaya, dia melakukan hal baik dengan mengungkap transaksi rahasia dipemerintahan dan dunia bisnis serta berusaha melindungi sumber.

Daniel mengungkapkan alasan sebenarnya warnarambut Assange bahwa itu kebiasaan kultus yang menjadi bagiannya di Australia, melaporkan bahwa dia pernah tidak sengaja menemukan Assange mewarnai warna tersebut. Film berakhir, terungkap WikiLeaks terus membocorkan informasi dan dokumen Manning dirilis tanpa redaksi. Daniel menulis buku mengenai keterlibatannya dengan organisasi menjadi dasar film ini, dan Assange mengancam akan menuntut sebagai pembalasan.

Assange terbukti tinggal kedutaan Ekuador di London menghindari penangkapan terhadap surat perintah yang luar biasa dugaan kejahatan seksual. Dalam wawancara, dia mencela 2 film WikiLeaks akan datang, menyatakan mereka akan secara faktual tidak akurat. Dia memberi tahu pemirsa bahwa individu apa yang ditakuti pemerintah dan mengklaim memperkerjakan Daniel merupakan satu-satunya kesalahan yang dia buat.

Loading...