Sabtu, 26 Oktober 2019

Sinopsis Lengkap Film Truth (2015)

Truth (2015)

Rilis
12 September 2015
Negara
Amerika Serikat
Bahasa
Inggris
Sutradara
James Vanderbilt
Produser
Doug Mankoff, Bradley J. Fischer, Brett Ratner
Pemeran
Cate Blanchett, Bruce Greenwood, Robert Redford, Stacy Keach, Topher Grace, Dennis Quaid, Elisabeth Moss
Sinematografi
Mandy Walker
Music
Brian Tyler
Distributor
Sony Pictures Releasing.

Plot Truth


Di bulan sebelum pemilihan presiden Amerika 2004, Mary Mapes yang merupakan produser dari program berita primetime 60 minutes Wednesday dan krunya terdiri dari Mike Smith, Kolonel Roger Charles dan Lucy Scott mencari bukti untuk memverifikasi apakah George W. Bush menerima perlakuan istimewa ataukah tidak selama masa militer.

Charles mengetahui militer pandai melakukan apa yang mereka lakukan, meyakini tidak ada kesalahan, walaupun ada beberapa klaim catatan Bush hilang atau diubah, dan Bush mengalami kesulitan memenuhi uji kemampuan fisik. Mencari petunjuk, Mapes dan kru akhirnya mendapati Bill Burkett yang menjelaskan dia mempunyai bukti keras dalam bentuk memo dan surat yang dimana menyatakan Bush memang mempunyai perlakuan istimewa.

Mapes menghasilkan cerita yang dilaporkan oleh Dan Rather dalam 60 menit. Usai penayangan, Rather dan Mapes menghadapi pertanyaan mengenai keakuratan. Dokumen inti menjadi dasar dugaan tersebut segera dipertanyakan berbagai sumber, dengan beberapa menunjukkan dokumen itu sebagai pemalsuan, yang selanjutnya diselidiki dan diperkuat berbagai pembawa acara radio, blogger dan sumber media, termasuk Washington Post dan CBS.

Mereka menemukan karakteristik tertentu dari memo, seperti font dan juga spasi huruf, menunjukkan memo itu dibuat pada komputer menggunakan Microsoft Word, dan karena itu tidak mampu diketik di mesin tik di awal 1970-an. Burket yang menghasilkan dokumen tersebut, mengakui dia telah berbohong mengenai dari mana dia memperolehnya.

Usai skandal, Mapes dan krunya serta Rather dihadapkan tuduhan bahwa agenda politik liberal Mapes berperan di dalam menyiarkan segmen itu. Satu demi satu mereka dipaksa menghadapi panel peninjauan internal guna menentukan apakah bias politik adalah faktor dalam laporan. Scott, Smith dan Charles dilarang dari pekerjaan mereka dan selanjutnya dipecat, Smith melakukan kata-kata kasar di kantor sebelum keluar.

Mapes menghadapi board, dia menerima banyak perhatian mengenai agendanya sehubungan segmen itu. Mapes membela dirinya sendiri menyajikan bukti dari sudut pandangnya. Usai sidang, Mapes dipecat dan Rather membuat siaran terakhirnya dengan mengutip bagaimana keberanian membantunya dan juga kru melewati masa yang tersulit.

Loading...